Berita

Uk Petra Dampingi Kepala Sekolah Dan Guru Bk Hadapi Era Covidigital

Blog Single

Tanggal 7-8 Agustus 2020, Universitas Kristen Petra (UK Petra) melaksanakan kegiatan Workshop bagi para Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Mitra. Workshop dilaksanakan melalui via Zoom Meeting yang diikuti oleh 25 kepala sekolah dan 38 guru BK dari 25 sekolah mitra UK Petra. Tema yang dipilih untuk Workshop Kepala Sekolah adalah “Kepemimpinan Pendidikan di era CoviDigital”, sedangkan tema “Layanan Guru Bimbingan Konseling di era CoviDigital” dipilih bagi para Guru Bimbingan Konseling. 

Di tengah pandemi Covid-19 ini, tantangan yang dihadapi semakin berat salah satunya karena tidak mungkinnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Sekolah, khususnya sekolah swasta harus berhadapan dengan tiga pemangku kepentingan, yaitu: pemerintah, pemilik sekolah dan orang tua siswa. Masing – masing memiliki peran dan tuntutan berbeda. Problema di sektor pendidikan terasa kompleks, baik secara langsung permasalahan yang menyangkut proses belajar mengajar, maupun sebagai imbas dari kondisi kehidupan yang lain. 

“Dalam workshop kepala sekolah, kami membahas tentang bagaimana pemimpin sekolah dapat memahami dan bersikap di masa CoviDigital. Sementara workshop bagi guru BK, membahas mengenai pelayanan pada peserta didik dengan lebih maksimal, sehingga situasi ini tidak dirasakan sebagai tantangan yang menghancurkan tetapi peluang loncatan keberhasilan,” ungkap Prayonne Adi, S.T., M.MT., selaku Kepala Humas dan Informasi Studi UK Petra.

Dr. Ricky, S.E., MR.E., Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi UK Petra menjadi pembicara dalam workshop kepala sekolah. Beliau membawakan materi mengenai Pendekatan kepemimpinan di era CoviDigital, Memimpin pendidik di era social distancing, serta Kepala Sekolah yang memimpin di dunia digital. Sedangkan dalam workshop guru BK, Dra. Lanny Herawati, Kepala Pusat Konseling dan Pengembangan Pribadi UK Petra membawakan materi mengenai Konselor ditengah tantangan Era CoviDigital, Konseling Online yang efektif, serta Mengembangkan Mindfulness di Era CoviDigital dan menyongsong Pasca CoviDigital. 

Tak lupa, Dr. Jenny Mochtar, MA, Wakil Rektor Bidang Akademik UK Petra memberikan penjelasan tentang Penerimaan Mahasiswa Baru kemudian dilanjutkan dengan penutupan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra. (rut/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.