Berita

Terus Libatkan Tuhan Dalam Menapaki Tahun 2021

Blog Single

Tahun 2020 sudah dilewati, ada banyak tantangan dan pergumulan yang dilalui karena pandemi COVID-19. Memasuki tahun baru 2021, kegiatan sivitas Universitas Kristen Petra (UK Petra), Surabaya dibuka dengan Kebaktian Awal Tahun 2021 secara daring melalui media Zoom. Kebaktian yang dimulai pukul 10.30 WIB tersebut mengusung tema Living in the Crossroad. 

Renungan firman Tuhan dibawakan oleh Kepala Pusat Kerohanian UK Petra, Samuel Soegiarto, M.Th., yang mengambil bacaan Alkitab dari Kejadian 15 dan 16. Samuel mengajak sivitas merenung dari tokoh Alkitab yang gagal yaitu Abraham. Abraham gagal dalam mempercayai sekaligus memegang janji Tuhan dan tidak melibatkan dimensi spiritual. 

“Memang hidup dalam sebuah persimpangan tidak mudah. Semua ada konsekuensi yang harus dihadapi. Tetapi yakinlah selalu bahwa janji Tuhan bisa menjadi pondasi kita dalam mengambil setiap keputusan”, ungkap Samuel. 

Seringkali manusia hanya mengandalkan akal rasionalnya saja, sebagai anak Tuhan harus lebih kritis berpikir jalan manakah yang lebih memuliakan Tuhan. Samuel menegaskan bahwa dalam hidup harus terus belajar memegang janji Tuhan. “Maka dari itu hendaknya kita dalam menjalani tahun 2021 meski berpikir rasional dengan tetap melibatkan aspek dimensi spiritual maka kita akan menemukan jalan yang indah.”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, rektor UK Petra, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng. memberikan sambutan dan pesannya dalam tahun yang baru ini. Djwantoro mengajak mensyukuri penyertaan dan pemeliharaan Tuhan selama tahun 2020. “COVID-19 memang memporak porandakan semua sendi kehidupan. Tapi yakinlah bahwa Tuhan menjadi gembala kita. Saya mengajak kita semua untuk mau lentur berubah belajar hal-hal yang baru. Misalkan belajar teknologi yang kini mau tak mau kita harus kuasai. Mari kita bergandengan tangan menjalani hari-hari di UK Petra.”, urai Djwantoro.

Djwantoro juga mengajak sivitas untuk semakin bersyukur karena tahun 2021, UK Petra akan berusia 60 tahun. Ada banyak kegiatan yang telah dirancang semenjak tahun 2020 yang lalu. “Biarlah kesempatan dan kehormatan dari Tuhan ini kita sambut dengan senang hati untuk terus mendukung UK Petra menjadi lebih baik. Sebab UK Petra sebuah institusi milik Tuhan dan milik kita bersama.”, tutup Djwantoro. 

Setelah memberikan sambutannya, Rektor UK Petra juga mengenang rekan-rekan UK Petra yang telah berpulang ke rumah Bapa serta memperkenalkan anggota keluarga baru di UK Petra baik anggota baru maupun yang aktif kembali setelah selesai menempuh studi lanjut.

Anggota Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Petra, Ir. Hadi Prasetyo, M.E., Dipl.Urb.M., menyampaikan sambutannya. “Puji syukur kita dapat memasuki tahun 2021 dengan banyak tantangan karena COVID-19. Meski dalam kondisi yang terbatas, marilah tetap bekerja dengan baik dan waspada.  Tetap sehati, sepikir bergandengan tangan dengan penuh kasih memajukan UK Petra sesuai dengan rencana dan kehendak Tuhan”.

Aksi Paduan Suara Mahasiswa UK Petra turut memeriahkan dengan menyumbangkan lagu berjudul “And Can It Be”. Tak ketinggalan di akhir acara, ada pemutaran video pesan selamat tahun baru dari rekan-rekan Civitas UK Petra. (Aj/Padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.