Berita

Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020, Aman Memilih Karena Protokol Kesehatan Sudah Siap

Blog Single

Pada hari Sabtu tanggal 21 November 2020 pukul 14.00-16.00 WIB, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen (UK) Petra menyelenggarakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah secara daring. Acara ini dihadiri oleh 128 peserta yang terdiri dari mahasiswa serta civitas academica UK Petra. Hadir sebagai narasumber tunggal adalah Subairi dari Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UK Petra, R. Arja Angka A.A.A. Sadjiarto, S.E., M.Ak., Ak. Dalam sambutannya, Arja mengapresiasi upaya BEM dalam menyelenggarakan acara ini serta mengajak para mahasiswa untuk ikut berperan serta dalam pemilihan kepala daerah Surabaya ini. Menurutnya, “Suara kita yang akan menentukan. Ikut serta dalam pemilihan ini adalah wujud peran serta kita sebagai warga negara”.

Seusai sambutan, Subairi memaparkan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid 19 pada Tahapan Pemilihan Serentak Lanjutan tahun 2020 di Kota Surabaya. Ia menjelaskan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kali ini tetap harus dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 meskipun kita sedang melawan pandemic Covid 19. Salah satu alasan utamanya adalah para Kepala Daerah akan mengakhiri masa jabatannya di awal tahun 2021.

Maka dari itu untuk menyelenggarakan Pilkada yang aman dan dapat melayani masyarakat dalam melakukan pemilihan, KPU mempersiapkan 12 Perlengkapan Protokol Kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ini adalah perlengkapan unik yang tidak ada saat penyelenggaraan pemilihan sebelumnya, sebagai contohnya adalah: tinta yang menandai pemilih dulu dilakukan dengan mencelupkan jari ke botol tinta, saat ini dilakukan dengan diteteskan untuk mencegah transmisi virus melalui sentuhan barang; selain itu di setiap TPS akan disediakan sarung tangan medis dan masker untuk para pemilih; dan yang terpenting adalah para petugas baik dari KPU maupun Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik sejak sebelum diselenggarakannya pemungutan suara dan secara rutin mendapatkan pengetesan Covid 19.

Sebagai penutup paparannya, Subairi menyampaikan pesan pada para pemilih, yaitu “Jangan takut datang ke TPS karena petugas kami sudah siap dengan protokol Kesehatan mengantisipasi COVID 19”. Ia juga mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini, ia mengatakan, “Kami hendak mengadakan pemilihan dengan mematuhi protocol kesehatan. Di sisi lain kami diberi target partisipasi 77,5%. Tugas ini akan enteng apabila ada bantuan dari semua pihak, diantaranya adalah UK Petra”. (noel/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.