Berita

Sempat Gagal, Kini Raih Juara Iii Kompetisi Esai Nasional

Blog Single

Memiliki ketertarikan di bidang menulis, membuat Laurensia Sherin Hadi tertarik mengikuti lomba yang berkaitan dengan menulis. Meskipun bukan pertama kalinya mengikuti kompetisi karya tulis, namun kali ini mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) ini berhasil meraih Juara III dalam kompetisi esai tingkat nasional “Show up your dreams and make it happen”. Kompetisi ini digelar oleh Kejar Mimpi Malang dan diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan umum, usia 17-23 tahun se-Indonesia. Kejar Mimpi sendiri merupakan gerakan sosial yang diinisiasi oleh bank CIMB Niaga. 

Peserta diminta membuat karya tulis yang berkaitan dengan mimpi dan bagaimana meraih mimpi tersebut. Naskah karya tulis terdiri dari maksimal 1000 kata dan memuat pendahuluan, isi atau pembahasan, serta penutup atau kesimpulan. Karya dikumpulkan pada 10-23 Desember 2020. Laurensia membuat karya yang berjudul “Dare to Dream Big”, yang menceritakan mengenai pertanyaan yang sering muncul tentang cita-cita dan mimpi, baik saat masih kecil maupun saat dewasa. Namun dari jawaban-jawaban yang diberikan, pada kenyataannya, masih banyak orang yang tidak benar-benar berusaha meraih mimpinya. Banyak orang yang justru melakukan hal lain yang tidak sesuai dengan mimpi tersebut. 

“Dalam esai, saya menulis bahwa untuk bisa meraih mimpi tersebut, prosesnya tidak mudah dan singkat. Kita perlu untuk membuat komitmen, mengambil langkah yang tepat dan mencari motivasi yang mampu mendukung agar mimpi kita bisa tercapai,” ujar mahasiswi semester enam ini. 

Laurensia mengaku ingin membuat orang-orang yang membaca esainya, dapat tergerak untuk mengejar mimpi mereka. Selama pembuatan esai ini, ia banyak berkaca dari dirinya sendiri dan mencari sumber-sumber lain dari buku atau internet yang dapat mendukung karya tulisnya. Membutuhkan waktu kurang lebih tiga hari untuk menyelesaikan esainya, laurensia mengaku sempat mengalami kesulitan dalam penyusunan kata-kata agar terstruktur dengan baik dan membuat pembaca paham. Meraih juara III, Laurensia mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp 300.000,- dan e-certificate.

“Kedepannya, saya berharap bisa kembali berpartisipasi dalam perlombaan, tidak hanya yang berkaitan dengan dunia menulis saja namun juga dunia komunikasi, sesuai jurusan saya. Selain itu, saya juga berharap melalui kegiatan-kegiatan yang saya lakukan, saya bisa memberikan dampak positif bagi mahasiswa lain dan orang di sekitar,” ungkap alumni SMAK Untung Suropati Sidoarjo ini. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.