Berita

Sayur Jadi Lambang Kasih Sayang

Blog Single

Dua mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih Gold dalam ajang Citra Pariwara Kategori BG Award yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). Mereka adalah Fiona Evangeline Onggodjojo dan Priscilia Trisyanti Halim, mahasiswi Program Strategic Communication semester tujuh. 

Para peserta diminta membuat campaign digital khusus untuk TikTok for Business dari sebuah brand bernama Sayur Lokal. Sayur Lokal merupakan media para petani untuk menjual sayuran ke masyarakat, permasalahan yang dihadapi adalah keinginan mendorong masyarakat untuk membeli sayur langsung dari petaninya secara online, dalam hal ini melalui TikTok. Peserta diminta mengumpulkan ide campaign maksimal 10 slide powerpoint pada 31 Oktober 2021, pada 7 November 2021 diumumkan lima kelompok yang lolos sebagai finalis. Tiga minggu kemudian, mereka mempresentasikan ide tersebut di hadapan para juri dengan menggunakan Bahasa Inggris.

“Sebelum kami memulai memikirkan ide campaign, kami mencari-cari insight terlebih dulu. Melalui insight yang kami dapat, kami melihat pointnya ada pada rasa kasih sayang. Maka dari itu kami mencoba mengaitkan dengan hari kasih sayang atau hari valentine,” ujar Fiona. Fiona dan Priscilia membuat campaign bertajuk ‘Vegelentine’, dimana orang-orang dapat mengungkapkan rasa sayang kepada keluarga maupun kerabat dengan memberikan sayur segar langsung dari petani. Melalui insight yang keduanya dapat, menunjukkan bahwa saat ini anak-anak muda justru lebih memilih untuk belanja online, salah satu alasannya yaitu menjaga orang tua atau orang-orang yang mereka sayangi dari virus Covid-19. 

“Untuk ide kreatif, kami menggunakan #HariKasihSayur, yang diambil dari Hari Kasih Sayang. Bentuk sayang kita wujudkan dalam bentuk sayur, sayur menjadi lambang kasih sayang kita pada keluarga maupun kerabat kita. Selain karena sehat, kita juga ingin memberikan yang terbaik untuk orang yang kita sayang, sehingga sayur merupakan pilihan yang tepat,” urai Pricilia.

Keduanya juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok for Business, ide kreatif mereka yaitu membuat teaser berupa digital video 15 detik. Kemudian membuat video iklan dengan menggandeng Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat launching. Selain itu, ada juga aktivitas-aktivitas digital diantaranya pemakaian #HariKasihSayur dan juga game filter yang nantinya akan diarahkan ke website atau TikTok shop Sayur Lokal.

Meskipun sempat kesulitan dalam mencari ide, namun keduanya membuktikan kemampuan dan kreativitasnya, serta berhasil mengalahkan 47 kelompok lainnya. Prestasi ini juga menjadi bukti bahwa mereka mampu dan juga menjadi bekal di masa depan yaitu dengan memberi nilai tambah di portfolio mereka. (rut/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.