Berita

Rancang Sistem Pencegahan Dan Mitigasi Bencana Alam Otomatis

Blog Single

Sebanyak 10 kelompok mahasiswa program studi (prodi) Teknik Elektro angkatan 2017 Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar pameran tugas akhir mata kuliah Automasi I di Selasar Gedung P lantai 1. Pameran yang dilaksanakan hari Selasa, 3 Desember 2019 ini menampilkan karya-karya mahasiswa berupa prototype sistem mitigasi atau pencegahan bencana alam. “Tema untuk perancangan tugas akhir tahun ini adalah Automation for Disaster Prevention and Mitigation, karena Indonesia adalah salah satu negara yang berpotensi mengalami berbagai bencana alam.”, jelas Handy Wicaksono, M.T., dosen Automasi I.

Beranggotakan 2-3 orang masing-masing kelompok, para mahasiswa didorong untuk berinovasi menciptakan sistem yang mencegah sekaligus mengurangi jumlah korban bencana. Sistem yang diciptakan harus merupakan sistem otomatis, namun juga masih dikendalikan oleh manusia. Hasil karya mereka berupa maket sistem dengan software Programmable Logic Controller (PLC) dan hardware seperti sensor dan actuator yang mensimulasikan cara kerjanya.

“Karya inovasi para mahasiswa merupakan hasil implementasi dalam mempelajari bagaimana mewujudkan sistem otomatis di industri dengan menggunakan software PLC.”, ungkap Handy.

Beberapa hasil karya yang dipamerkan adalah sistem ECSYS yang membantu evakuasi dari gedung ketika terjadi bencana gempa, water intake yang mencegah sungai banjir dan memperingatkan warga jika banjir parah, dan smart canal cleaner yang membantu transportasi sampah dari penampungan ke truk. (stf/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.