Berita

Podcast “aadc (ada Apa Dengan Perpustakaan?)”, Ajak Pendengar Tingkatkan Minat Baca

Blog Single

Anastasia Trifena Feodora, mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra (UK Petra) angkatan 2021 meraih prestasi dalam kompetisi PSP Project 6.0 yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Perpustakaan (PSTP) Universitas Airlangga Surabaya pada 7-17 Oktober 2021. Anastasia memperoleh Juara 2 kategori podcast pada kompetisi yang diadakan dalam rangka Dies Natalis D3 Perpustakaan Universitas Airlangga ini.

Peserta lomba kategori podcast diminta membuat karya podcast dengan tema “The Library a Treasure Trove” atau yang berarti perpustakaan adalah harta karun yang tersembunyi. Anastasia membuat podcast berjudul “AADC (Ada Apa dengan Perpustakaan?)”, membahas tentang pentingnya membaca buku sembari mengajak para pendengar untuk meningkatkan minat baca karena diri kita di masa depan ditentukan oleh buku-buku yang kita baca. Melalui podcast ini juga Anastasia ingin menghancurkan stigma masyarakat bahwa perpustakaan adalah sebuah tempat yang membosankan. Baginya, selain sebagai tempat belajar dan menambah ilmu, perpustakaan dapat menjadi sarana untuk berekreasi, misalnya membaca buku fiksi seperti komik, novel, dan lain-lain.

Terinspirasi dari kedua orang tuanya yang berprofesi sebagai pustakawan, Anastasia menghasilkan karya podcast yang mampu mengalahkan 20 podcast lain karya pelajar dan mahasiswa se-Indonesia. “Sejak kecil, saya sering ikut kedua orang tua saya bekerja. Saya sangat paham akan kesulitan dan tantangan mereka dalam bekerja sebagai seorang pustakawan. Tak jarang juga saya mengamati bahwa orang yang berkunjung ke perpustakaan adalah orang yang ‘itu-itu’ saja. Hal ini menandakan bahwa masih sedikit orang yang menyadari bahwa perpustakaan adalah fasilitas terbaik yang seharusnya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kita dapat memperoleh banyak ilmu.”, ungkap Anastasia.

Selama mengikuti lomba, Anastasia mengaku sempat kesulitan membagi waktu karena lomba diadakan bertepatan dengan pekan UTS. Ia harus mencari waktu di sela-sela jam kosong untuk mengerjakan podcast, mulai dari mencari inspirasi, merangkai skrip hingga proses rekaman. Usahanya membuahkan hasil, karya Anastasia berhasil meraih prestasi dan dipublikasikan dalam Instagram @diesnataliespspunair. (kez/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.