Berita

Perjuangkan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Fasilitas Di Perpustakaan

Blog Single

Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar seminar di gedung Balai Pemuda pada 15 Februari 2020 lalu. Seminar bertajuk ‘Pelibatan Disabilitas dalam Redesain Inklusif’ ini mengangkat pentingnya pelibatan penyandang disabilitas dalam layanan perpustakaan yang inklusif, sekaligus mengkampanyekan UU no. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. “Penyediaan akses pendidikan informal untuk penyandang masih belum merata, oleh karena itu, aksesibilitas pada perpustakaan harus diperhatikan dari sisi aksesibilitas fisik dan sumber daya perpustakaan.”, jelas Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc. selaku ketua panitia.

Narasumber dalam seminar ini adalah Gunawan Tanuwidjaja, S.T., M.Sc., dosen Arsitektur UK Petra, yang menceritakan service learning mahasiswanya tentang redesain inklusif, Dr. Arina Hayati, S.T., M.T., dosen ITS yang juga penyandang disabilitas, membahas tentang kebutuhan akses penyandang disabilitas. Ir. Musdiq Ali Suhadi, M.T., Kepala Perpustakaan Kota Surabaya yang menceritakan upaya pemerintah meningkatkan angka literasi di Surabaya, dan Dian Wulandari, S.IIP., Kepala Perpustakaan UK Petra, yang memaparkan layanan perpustakaan bagi disabilitas. Dian berkesempatan mengenalkan perpustakaan UK Petra yang memberikan kemudahan bagi penyandang disabilitas. “Pojok bantuan penyandang disabilitas sudah dilengkapi dengan perabotan yang didesain ramah, komputer yang dilengkapi dengan perangkat lunak pengubah teks menjadi suara, dan petugas khusus yang disiapkan untuk mencari informasi dan koleksi yang dibutuhkan.”, ia menyebutkan. (stf/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.