Berita

Perjalanan Tiga Petranesian Raih Juara Pertama Dalam Lomba Poster Bapomi Jatim

Blog Single

Walaupun berasal dari program studi yang berbeda, tetapi hal tersebut tidak mengurangi kekompakan Timothy Aldorino Budiono, Eloi Stephanie Sumarno, dan Roselin Patricia. Tiga Petranesian ini berhasil meraih juara pertama dalam Scientific Writing and Poster Competition 2020, untuk bidang lomba poster. Kompetisi tersebut diadakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Jawa Timur (Jatim), dan berlangsung mulai 14 September – 5 November 2020.

“Awalnya tahu tentang lomba ini dari Instagram,” ucap Roselin. Mahasiswa Program Finance UK Petra  ini menjelaskan bahwa dirinya tertarik dan ingin mencoba ikut lomba poster tersebut. Begitu pula dengan Eloi, dia mengaku bahwa dirinya menyukai ikut kompetisi. “Hal ini juga bisa dijadikan sebagai kesempatan yang Tuhan kasih buat menambah pengalaman dan juga sebuah proses,” ucap mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UK Petra itu.

Poster yang mereka buat berjudul “Journey of Champions”. “Poster ini menceritakan tentang perjalanan seorang atlet renang hingga menjadi pemenang,” ucap Timothy menjelaskan konsep poster yang mereka buat saat lomba. Ada tujuh poin penting yang disampaikan melalui poster ini, yaitu penyaringan atlet, tenaga keolahragaan, organisasi, pendanaan, metode yang tepat, sarana prasarana, dan penghargaan. 

Dalam proses pembuatan poster, Timothy merasa bahwa tantangan tersulit adalah koordinasi dengan anggota kelompok. “Kami memiliki kesibukan masing-masing, jurusan juga berbeda sehingga cukup sulit untuk atur waktunya,” jelas mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UK Petra ini. Hal tersebut juga dirasakan oleh Roselin. “Lebih mudah jika bisa bertatap muka, koordinasi juga bisa menjadi lebih cepat,” tambahnya.

Pembagian tugas adalah kunci dari kekompakan mereka. “Dalam lomba ini kami membuat poster yang bersifat semi infografis, sehingga Roselin dan Eloi bertugas mengumpulkan informasi dan pemilihan kata yang akan digunakan, sedangkan saya karena dari jurusan desain bertugas di bagian pembuatan posternya,” ucap Timothy menjelaskan tentang pembagian tugas.

Tidak hanya itu, ternyata mereka bertiga juga sempat mengalami miskomunikasi dengan pihak panitia. “Kami sempat panik, tapi untungnya semua itu bisa teratasi dengan baik,” ucap Eloi. Mereka bertiga tidak menyangka bisa mendapatkan juara pertama. “Saya senang sekali, karena perjuangan kami tidak sia-sia dan terbayarkan dengan manis,” ujar Roselin.

Setelah memenangkan lomba ini, baik Roselin, Eloi, maupun Timothy memiliki harapan yang sama. “Semoga semakin banyak mahasiswa UK Petra yang mau berpartisipasi dalam berbagai lomba, dan bisa berprestasi,” tutup Roselin. (Pat/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.