Berita

Pengalaman Memulai Suatu Bisnis

Blog Single

Program Manajemen Bisnis UK Petra mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan pengalaman yang cukup agar siap memulai wirausaha. Salah satunya dengan menggelar Petra Business Festival pada 25 – 28 April 2019 di East Rotunda – West Rotunda Corridor Grand City Mall. Rangkaian kegiatan ini adalah Business Idea Competition (BIC), Bazaar Bisnis, Business Workshop, serta Pameran Inovasi Bisnis.

BIC diikuti oleh 32 kelompok sisiwa-siswa SMA dengan melakukan simulasi membuat business plan. Sedangkan Business Workshop menyediakan serangkaian pelatihan bagi mahasiswa untuk meningkatkan penampilan profesionalisme, cara berkomunikasi, dan etika. Pameran Inovasi Bisnis ini sendiri merupakan tugas utama Mata Kuliah Internship 1 dan Applied Course.

Sekitar 200 mahasiswa semester empat bekerja dalam 30 kelompok untuk membuat inovasi bisnis dengan alat bantu Business Model Canvas (BMC) 9 Blocks. Dengan memakai kerangka kerja BMC, para mahasiswa menganalisa aspek-aspek yang mempengaruhi dalam memulai sebuah bisnis baru, analisa dimulai dengan mengidentifikasi sembilan blok aspek, yaitu Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Streams, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure.

Salah satu yang unik seperti milik Edwan. Ia memperkenalkan bisnis snack cokelat sehat “Truffruits” yang dirancang bersama kelompoknya. Mereka menganalisa bahwa cokelat adalah penganan yang populer dan memiliki bisnis yang besar, di sisi yang lain mereka menemukan bahwa kandungan kalori yang tinggi membuatnya menjadi makanan yang tidak sehat. Maka, mereka membidik segmen pembeli para penikmat cokelat yang memiliki kesadaran atas gaya hidup sehat. Menurut Edwan, selain mendapatkan pemahaman dan pengalaman memulai bisnis baru, ia juga mendapatkan pengalaman yang berharga, katanya “Bagi saya yang berkesan adalah menjalin kerjasama dalam bekerja kelompok. Di mana tidak segala sesuatu berjalan sesuai dengan kehendak masing-masing anggota, dan masing-masing anggota bisa saling mendukung”. (noel/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.