Berita

Menjaga Kualitasnya, Prodi Sastra Inggris Memperoleh Akreditasi Unggul

Blog Single

Berita bahagia. Program Studi Sastra Inggris UK Petra menjadi prodi Sastra Inggris pertama di Indonesia sekaligus prodi pertama di UK Petra yang memperoleh status akreditasi tertinggi (Unggul) sesuai dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) yang baru, yang disebut IAPS 4.0. dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

  “Puji Tuhan. Capaian ini merupakan kerja keras dari anggota tim serta dukungan dari dosen/karyawan Sastra Inggris, Pimpinan Universitas, dan unit-unit terkait di UK Petra. Akreditasi A dan Unggul itu serupa tapi tak sama. Keduanya sama-sama capaian tertinggi di model akreditasi masing-masing. Akreditasi A dicapai melalui model akreditasi tujuh standar sementara akreditasi Unggul melalui sembilan standar. Untuk menjadi Unggul perlu mengerjakan dokumen-dokumen tambahan yang disebut Instrumen Suplemen Konversi.”, urai Dwi Setiawan, Ph.D., selaku ketua tim dan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UK Petra. 

Menanggapi pencapaian ini, rektor UK Petra, Prof. Dr. Djwantoro Hardjito, menyatakan kebahagiaannya. “Ini semua berkat kasih karunia Tuhan semata, prosesnya memang lebih berat akan tetapi semua bisa dilalui dengan usaha bersama. Saya berharap semua prodi di UK Petra juga dapat mengikuti ketentuan baru dari BAN-PT ini sehingga UK Petra menjadi institusi yang terjamin kualitas pendidikannya”. 

Merujuk pada peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, akreditasi baru IAPS 4.0 mengenal 3 peringkat yaitu Unggul, Baik Sekali dan Baik. Akreditasi Unggul diberikan ke program studi yang mampu mencapai daya saing internasional. IAPS yang baru terdiri dari sembilan standar yang harus dipenuhi oleh tiap program studi. 

Adapun kesembilan standar ini kriteria pertama adalah Visi, Misi, Tujuan dan Strategi. Kriteria kedua Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama. Sedangkan kriteria ketiga mengenai mahasiswa, kemudian kriteria empat mengenai Sumber Daya Manusia (SDM). Kriteria lima membahas mengenai Keuangan, Sarana dan Prasarana. Kriteria keenam berbicara mengenai pendidikan. Kriteria ketujuh mengenai penelitian. Kriteria kedelapan membahas mengenai Pengabdian kepada Masyarakat. Yang terakhir kriteria sembilan yaitu Luaran dan Capaian Tridharma.

Akreditasi Unggul Sastra Inggris tertuang dalam Keputusan BAN-PT No. 8196/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XII/2020, sejak tanggal 15 Desember 2020 sampai dengan 15 November 2025. (Aj/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.