Berita

Menilik Pentingnya Digitalisasi Di Bidang Logistik

Blog Single

Jumat (23/10/2020), Prodi Teknik Industri UK Petra mengadakan seri webinar dengan topik “Digitalization in Logistic” melalui aplikasi Zoom meeting. Webinar tersebut terbuka untuk umum, tidak hanya peserta dari dalam negeri, tetapi juga peserta dari luar negeri.  Dalam penyelenggaraannya, prodi Teknik Industri UK Petra bekerja sama dengan PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dan UCSI University Malaysia. Webinar dimulai pukul 16.00 WIB, dipandu oleh Felecia dari UK Petra sebagai moderator.

Ketua Program Studi Teknik Industri UK Petra, Dr. Herri Christian Palit, S.T., M.T., mengawali Webinar dengan sambutan. “Terima kasih atas partisipasinya dalam webinar kali ini. Saya harap, kegiatan ini bisa memperluas pengetahuan anda di bidang logistik,” ucap Herri. 

Webinar yang terbagi dalam tiga sesi dihadiri peserta berjumlah 370 orang. Sesi pertama dibawakan oleh Prof. I Nyoman Pujawan dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Nyoman menjelaskan bahwa digitalisasi dalam bidang logistik sangat dibutuhkan di masa depan. “Dunia saat ini memang menjadi serba digital, tetapi untuk logistik tidak semuanya bisa menerapkan digitalisasi. Warehouse, material and return handling, packaging, transportasi, dan product bundling akan tetap bersifat fisik,” jelas Nyoman.   

Sesi kedua dibawakan oleh Widarta Liunanda dan Deddy Wijaya selaku perwakilan dari PT SPIL. Mereka berdua menceritakan bagaimana PT SPIL bergabung dengan TradeLens blockchain platform yang mendukung sistem penyimpanan data kargo secara digital. “Berbicara mengenai digitalisasi, tak melulu soal IT. Digitalisasi saat ini adalah sebuah budaya yang sedang berkembang, termasuk di dunia logistik,” ucap Widarta. 

Sesi terakhir dibawakan oleh Bahri Mahmud CMILT selaku perwakilan dari UCSI University Malaysia. Bahri membahas mengenai konsep Self Monitoring Analysis Reporting Techniques (SMART) dalam operasional logistik. Selain itu, Bahri juga menjelaskan empat langkah penerapan digitalisasi di bidang logistik. Pertama, mengidentifikasi tantangan dunia digital secara spesifik. Kedua, mengetahui apa yang menjadi objek transformasi digital. Ketiga, menciptakan keuntungan dari penerapan digitalisasi. Keempat, berdiskusi dengan vendor dan konsultan yang sesuai dengan kebutuhan.   

Pada akhir acara, peserta diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada tiga narasumber dalam sesi Q&A. (Pat/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.