Berita

Mendukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi

Blog Single

Office of Institutional Advancement (OIA) Universitas Kristen Petra (UK Petra)  menyelenggarakan Seminar dan Workshop bertajuk Road to Established Institutional Advancement in Higher Education Institution. Kegiatan yang dilaksanakan pada 3-4 Oktober 2019 di UK Petra ini mendapat dukungan dari United Board. “Akhir tahun lalu kami mengubah Unit Koordinasi Hibah (UKH) menjadi OIA. Kami berharap UK Petra semakin maju, namun untuk menjadi maju kami membutuhkan banyak dukungan. Seminar ini juga merupakan salah satu tugas utama OIA untuk dapat mengidentifikasi dan mengelola dukungan-dukungan baik dari alumni maupun masyarakat untuk memajukan UK Petra,” ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., selaku Rektor UK Petra.

Dalam seminar dan workshop ini, hadir tiga pembicara yaitu Ricky M. Cheng, Executive Vice President United Board, Bernard Toh, Director Office of Alumni Relations National University of Singapore, dan Lai Kim Seng, President of National University of Singapore Society (NUSS).  Pada 3 Oktober 2019, seminar diikuti oleh pejabat struktural UK Petra bersama dengan beberapa perwakilan dari perguruan tinggi kristen dan katolik di Indonesia. Pada sesi pertama, Ricky Cheng berbicara mengenai “Advancement Strategy in Higher Education”. “Mengapa kita perlu melakukan advancement? Ada banyak sekali tantangan yang menanti kita, dan tantangan ini membutuhkan dukungan. Institutional advancement bukan saja tentang penggalangan dana, tetapi jauh lebih dari itu yaitu mengumpulkan relasi dan membangun reputasi,” ujar Ricky.

Pada sesi dua, Bernard Toh berbicara mengenai “Alumni Engagement for Higher Education Institution”. Ricky dan Bernard sepakat mengatakan bahwa alumni merupakan potensi terbesar untuk membantu institusi pendidikan. NUS mengadakan reuni rutin setiap tahunnya yang dapat diikuti hingga 5000 orang. “Kita harus menjadi institusi yang sangat hebat, sehingga semua orang ingin menjadi bagian dari institusi kita. Alumni engagement bukan dimulai saat mereka lulus, tetapi sejak menjadi mahasiswa baru, universitas harus mulai membangun dan menjaga hubungan baik itu,” pesan Bernard. 

Di hari kedua, peserta berasal dari internal UK Petra yang terbagi menjadi dua kelas, dengan dua pembicara berbeda. Ricky Cheng membahas tentang “Fundraising and Big Donor 101 for Leaders in University”, sedangkan Bernard Toh membahas tentang “Open Session on Alumni Relations”. (rut/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.