Berita

Menakar Peluang Bisnis Retail Dan Karir Di Industri Retail Pada Masa Pandemi

Blog Single

Pusat Karir UK Petra bekerjasama dengan PT. Indomarco Prismatama menyelenggarakan Webinar bertajuk “Seminar Retail Business in the Era of Covidigital” tanggal 5 Juni 2020. Menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Ricky Wang, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi UK Petra dan Andrianto, Personnel and Placing Head dari waralaba retail Indomaret. Webinar ini diikuti 131 orang peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa semester 7. 

Menurut Ricky istilah Covidigital merupakan permainan kata yang merujuk pada era di mana Covid 19 mendisrupsi sebuah disrupsi yang sudah ada sebelumnya, yaitu disrupsi yang terjadi pada era Industri 4.0. Ricky menyampaikan ilustrasi mengenai disrupsi tersebut, “Covidigital memaksa kita beradaptasi. Adaptasinya sungguh besar. Contohnya tempat teman-teman berada saat webinar ini bisa jadi akan menjadi tempat bekerja di masa depan. Sebaiknya pelan-pelan, tempat ini dibuat menjadi kantor agar anda segera punya kantor sendiri”.

Ricky kemudian menyampaikan kondisi yang dialami industry retail, yaitu sebelum adanya Covid 19, bisnis retail sudah terdisrupsi oleh e-commerce. Bahkan diramalkan bahwa pasar online akan berlipat 8 kali pada masa depan. Akan tetapi, Ricky kemudian mengangkat data retail Indomaret yang menunjukkan bahwa bisnis Indomaret justru naik 7% seiring kebijakan bekerja dari rumah diberlakukan.

Pada bagian akhir sesinya, Ricky memaparkan kiat sukses berbisnis retail di era Covidigital, yaitu Lima M, yang terdiri atas Mutu, Mudah, Murah, Merata, dan Maya.  Kelima M ini sesuai dengan kecenderungan konsumen di sektor retail masa depan yang berciri semakin jarang belanja dan lebih sering beli secara online, menjual barang apa pun secara online sehingga bisa menjadi competitor, mengharapkan keseimbangan teknologi dan sentuhan manusia, serta melakukan riset online terlebih dahulu sebelum belanja.

Pada sesi selanjutnya, Andrianto menyatakan bahwa Indomaret sudah siap untuk 3 M dari 5 M yang disampaikan Pak Ricky, yaitu Mutu, Mudah, dan Merata. Ia menggambarkan bahwa keberadaan 17.000 lebih gerai fisik indomaret memungkinkan tersedianya ketiga M tersebut. Ia pun menyampaikan bahwa rantai gerainya melihat situasi dan persaingan yang ada saat ini serta kondisi pandemi dengan optimism. Andrianto mengatakan, “Retail is our live. Masa depan masih gilang gemilang. Covid 19 hanyalah satu hal yang membuat kita terus berkembang. Fungsi kompetitor adalah juga untuk membuat kita terus berkembang dan memberikan kualitas yang terbaik”. (noel/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.