Berita

Mahasiswa Berdayakan Masyarakat Lewat Ufo

Blog Single

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kristen Petra (UK Petra) tahun ini berkolaborasi dengan BEM Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan pengabdian masyarakat United for Others (UFO) bertajuk ‘Let’s ACT (Simple ACTion Big ImpACT)’. Kegiatan yang dilaksanakan hari Sabtu, 29 Februari 2020 - Minggu, 1 Maret 2020 ini diadakan di dua lokasi, Kampung Karangpoh RW 01 dan Taman Flora Surabaya. Peserta yang mengikuti adalah mahasiswa dari UK Petra dan Ubaya. “Kegiatan ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat sehingga berdampak bagi kehidupannya,” ujar Widi Santoso Wijanarko, ketua panitia UFO dari UK Petra.

Para peserta menjalankan perannya dalam rangkaian kegiatan UFO. Pada hari pertama, dilaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang kewirausahaan, pendidikan, lingkungan, dan pengecatan mural di Kampung Karangpoh RW 01. Karang Taruna Karangpoh diberi workshop tentang online shopping dan tes karir untuk mengetahui bakat minatnya di bidang pekerjaan. Anak-anak sekolah diajarkan oleh peserta mengenai penggunaan Microsoft Word dan Powerpoint serta diadakan tes multiple intelligence. Ibu-ibu Kampung Karangpoh diberi workshop mengenai pengolahan tanaman toga yang sering dijumpai di Karangpoh menjadi makanan sehat dari bahan organik. Selain itu, para peserta juga membantu menjaga kebersihan lingkungan kampung dengan kegiatan bersih-bersih sekaligus memberi contoh kepada masyarakat. ”Kampung Karangpoh adalah kampung yang sangat menghargai peran anak muda, karena itu kami sangat bersyukur para mahasiswa mau berbagi dengan kampung kami,” kata Aipda Roezzoelly, Babinkamtibmas Kampung Karangpoh

Hari kedua, para peserta melakukan senam pagi bersama masyarakat sekitar Taman Flora. Diadakan pula cek kesehatan gratis oleh Poliklinik UK Petra dan Poliklinik Ubaya. Kegiatan ini berfokus pada bidang kesehatan demi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan. (stf/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.