Berita

Kemilau Banyuwangi, Karya Tiga Mahasiswi Creative Tourism Raih Juara 1

Blog Single

Tiga mahasiswi angkatan 2018 program Creative Tourism UK Petra berhasil sabet juara pertama dalam kompetisi Pariwisata Indonesia ke-11 tanggal 28-29 Juni 2021 yang lalu. Mereka berhasil mengalahkan 46 universitas lainnya dari seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung.

Mereka adalah Amanda Atmajaya, Angeline Chrisella Rifantri dan Gretel Nathania Soepriyanto. “To God Be The Glory. Bahagia dan senang karena kami telah berusaha maksimal di tengah mempersiapkan UAS. Dengan kemenangan ini kami sadar akan pentingnya pengembangan wisata yang berkelanjutan (sustainable tourism).”, ungkap Angeline saat di tanya melalui aplikasi pesan Whatapp.

Para peserta dalam kompetisi ini diminta membuat sebuah paket wisata 3D2N yang dilengkapi dengan kegiatan pariwisata berkelanjutan (Sustainable Tourism). “Kemilau Banyuwangi”, itulah nama karya mereka dalam kompetisi. Proses yang dilalui tidaklah mudah. Mereka membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu untuk mempersiapkannya.

Mulai dari brainstorming ide hingga pengerjaan karya yang terdiri dari pembuatan proposal penawaran paket tour, itinerary, peta wisata, costing, E-brosur hingga PPT Presentasi. “Kami sangat beruntung dibimbing penuh oleh ibu Devi, dosen kami. Setelah diskusi dan research, kami sepakat memilih Banyuwangi. Sebab Banyuwangi memiliki potensial lengkap dan bisa menyediakan banyak variasi kegiatan otentik yang melibatkan turis secara langsung.”, tambah Amanda.

Kelompok mahasiswa yang masuk final, berkesempatan mempresentasikan secara langsung proposal tur nya melalui zoom di depan juri. “Kami sangat beruntung mempunyai kesempatan mengikuti lomba ini. Sebab kompetisi ini didukung oleh pemerintah dan dibuka oleh Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Selama proses persiapan kami hanya berfokus untuk menyiapkan yang terbaik karena lawan kelompok kami mewakili daerah yang juga potensial.”, urai Gretel. (Aj/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.