Berita

Inovasi Integrasi Webinar Ilmiah Dan Fundraising

Blog Single

Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) bekerja sama dengan Himpunan Ahli Konstruksi (HAKI), dan fib-Indonesia (Asosiasi Beton Internasional), menggelar Webinar Concrete Flat Floor. Kegiatan dilaksanakan secara daring pada 17-18 Maret 2021. 

Webinar yang diikuti sekitar 190 peserta ini dari berbagai latar belakang, diantaranya adalah mahasiswa S1-S3 Prodi Teknik Sipil UK Petra, dosen dari dalam maupun luar UK Petra, konsultan, praktisi, serta profesional di bidang industri konstruksi dari berbagai instansi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tujuan webinar ini adalah diseminasi teknologi mutakhir, khususnya dalam hal teknik konstruksi Concrete Flat Floor. Concrete Flat Floor adalah lantai beton yang dikerjakan dengan metode dan peralatan khusus sehingga permukaan nya benar-benar rata dan tidak bergelombang. Saat ini makin banyak bangunan industri yang memerlukan lantai beton dengan spesifikasi amat tinggi ini. Karena keunggulan penggunaan Concrete Flat Floor ini adalah efisiensi operasional gudang, forklift berjalan dengan kecepatan penuh dan stabil, biaya perawatan berkurang, keindahan dan estetika lantai dan ruang. 

“Selain mengupdate teknologi mutakhir, penyelenggaraan webinar ini juga dimaksudkan untuk menghimpun dana untuk mahasiswa Teknik Sipil UK Petra yang kesulitan dalam aspek ekonomi akibat pandemi. Semua pemasukan dari biaya registrasi peserta webinar sepenuhnya akan digunakan untuk maksud ini. Hal ini merupakan wujud kepedulian dari Prodi Teknik Sipil maupun Himasitra,” ungkap Kevin Raharja, selaku Ketua Panitia Webinar.

Webinar menghadirkan lima pembicara yang merupakan praktisi berpengalaman dengan lisensi dari American Concrete Institute (ACI) dan memiliki pengalaman melaksanakan berbagai proses konstruksi Concrete Flat Floor di Indonesia, Malaysia maupun di negara-negara lain. Kelima pembicara yaitu Ir. Handoko Sugiharto, M.T., dosen Teknik Sipil UK Petra, Steven Lim Kok Soo, ACI Flatwork Examiner di Malaysia, Heri Siswanto, Teknisi Flatworks Industri/komersial, serta dua alumni Teknik Sipil UK Petra yang berprofesi sebagai insinyur profesional, yaitu Hengky Gozali dan Stanley Christian.

Sebagai ketua panitia, Kevin berharap webinar ini dapat menjadi berkat bagi semua pihak yang terkait. “Semoga niat baik yang telah dirancang oleh para pembicara dan panitia dapat tersalurkan kepada Mahasiswa dan mahasiswi yang membutuhkan dengan baik. Semoga kedepannya juga lebih banyak inovasi mengenai integrasi kegiatan-kegiatan ilmiah dan fundraising seperti ini, agar semakin banyak mahasiswa-mahasiswi yang terbantu kelangsungan studinya,” urainya. (rut/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.