Berita

Innofashion Fair 2020: Menjawab Tantangan Dunia Fashion Di Masa Pandemi

Blog Single

Program Design Fashion & Tekstil (DFT) UK Petra gelar Innofashion Fair 2020 pada 15 - 18 Desember 2020. Innofashion Fair sendiri merupakan wadah untuk berbagi pengalaman kreatif dan pameran karya dari mahasiswa DFT. Karya-karya mereka dapat disaksikan melalui akun Instagram DFT UK Petra. Selain itu, Innofashion Fair 2020 juga mengadakan talkshow dan workshop melalui Zoom Meeting.

Kali ini ada 10 mata kuliah dalam prodi DFT UK Petra yang turut serta dalam Innofashion Fair. Diantaranya mata kuliah Creative Fabric, Desain Fashion & Trend Forecasting, Desain Thinking, Digital Fashion, DKV 2, Fashion Design, Fotografi Dasar, Komunikasi dan PED. “Total karya yang dipamerkan mencapai 168 terdiri mulai dari karya foto 2D, 3D, video 3D, video animasi hingga karya desain pakaian.”, ungkap Poppy F. Nilasari, S.T., M.T., selaku ketua acara. 

Sesi pertama ada talkshow yang mengangkat tema “Fashion in Pandemic”, membahas mengenai dunia usaha fashion di masa pandemi COVID-19. Embran Nawawi, seorang fashion conceptor hadir sebagai pembicara. Webinar dimulai pukul 13.00 WIB, dan dipandu oleh Asthararianty sebagai moderator.

Acara diawali dengan sambutan oleh Dr. Yusita Kusumarini, S.Sn, M.Ds. selaku dekan Fakultas Seni dan Desain (FSD) UK Petra. “Semoga dari sharing kali ini kita dapat insight banyak tentang mengembangkan kreativitas, tetapi juga tidak lupa dengan tanggung jawab sosial, budaya, dan lingkungan. Melalui diskusi, menyadarkan kita bahwa pandemi memang membatasi, tetapi hal ini menjadi kesempatan kita untuk mencoba hal baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya,” ucap Yusita.   

Ada lima hal penting terkait konsep fashion yang disampaikan oleh Embran. Menentukan momen, mencari isu, mencari pembeda, menciptakan hal baru, memikirkan efek, dan publikasi. “Dalam masa pandemi seperti ini, menciptakan hal baru dan memikirkan efek menjadi sangat penting. Bagaimana caranya kita bisa memasarkan produk fashion dengan baik, tetapi juga mengutamakan aspek kesehatan. Itu memang harus dipikirkan dengan matang,” jelas Embran.   

Lalu berikutnya dilanjutkan dengan workshop yang mengangkat tema “Doing Mask Business in Pandemic Era”. Dalam workshop ini, Aan Soekardi hadir sebagai pembicara. Aan merupakan seorang fashion designer dan dia menjelaskan mengenai menjalankan bisnis masker di era pandemi. Workshop dimulai pukul 15.00 WIB, dan dipandu oleh Maria Nala Damayanti sebagai moderator.

Kegiatan dilanjutkan dengan talkshow pada pukul 17.00 WIB. Pada sesi terakhir ini mengangkat tema “How to Find Opportunity in The Middle of Crisis and Limited Resources”. Alumni DKV UK Petra, Hueynie Hariputra hadir sebagai pembicara. Hueynie secara spesifik akan membahas juga mengenai peluang batik sebagai kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan dalam dunia fashion. (Pat/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.