Berita

Ingin Mahasiswa Uk Petra Miliki Choice

Blog Single

Jika dipercaya menjadi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dwi Setiawan, S.S., MA-ELT, Ph.D. bercita-cita agar mahasiswa dan kemahasiswaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) dapat memiliki CHOICE (Character, Holistic Services, and International and SoCial Emphasis). Tentunya cita-cita ini didukung dengan strategi yang telah dipersiapkan, terlebih dalam menghadapi situasi dan tantangan saat ini. Menurut Dwi, untuk character, perlu adanya lembaga sebagai alat, pembentukan Lembaga Pengembangan Kerohanian dan Kepemimpinan Kristen (LPK3) harus segera diwujudkan, beserta dengan kurikulum dan metodenya. “Selain itu, saya ingin kembali mengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK), sebagai lembaga yang tidak kalah penting sebagai pembentukan karakter mahasiswa. Kita perlu melihat kembali isu independensi dan tanggung jawab LK,” urai Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra ini.

Dwi juga mengungkapkan bidang kemahasiswaaan UK Petra perlu menerapkan holistic services, pelayanan menyeluruh yang tidak hanya satu sisi dan satu tahap saja. Dalam poin ini, strateginya yaitu memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan mental dan spiritual mahasiswa, integrasi kemahasiswaan dan akademik, investasi untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan pelatih terbaik dan pelatihan terstruktur, serta peningkatan peran dan hubungan dengan alumni. “Perlu adanya sinergi antara unit-unit seperti PKPP, Pusroh, bahkan APMG untuk mengatasi isu kesehatan mental ini. Kemudian untuk alumni, harapannya kedepan kita bisa memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Kita juga perlu berinvestasi khusus untuk UKM, karena banyak prestasi dari mahasiswa itu lahir dari UKM,” imbuhnya.

Kemudian strategi untuk International and Social Emphasis yaitu internasionalisasi fasilitas dan layanan, hubungan internasional LK dan bidang kemahasiswaan, serta hubungan mahasiswa dan LK UK Petra dengan sesama anak bangsa yang berbeda latar belakang. Dosen kelahiran Sidoarjo ini mengungkapkan sangat menyukai ayat Pengkhotbah 11:4, ayat ini mengajarkan bahwa kita perlu membaca situasi dan rencana, namun jangan sampai hal tersebut membuat kita gentar. (rut/padi)

Calon Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan periode 2021-2025

BIODATA

Nama              :Dwi Setiawan

Program Studi : Sastra Inggris

Pendidikan : 

  • Strata 3 : De Montfort University, UK, (2014-2017)

  • Strata 2 : Assumption University of Thailand, (2002-2004)

  • Strata 1 : Universitas Kristen Petra, Surabaya, (1998-2002)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.