Berita

Filosofi Dibalik Logo 60 Tahun Uk Petra

Blog Single

Tahun 2021, Universitas Kristen Petra (UK Petra) merayakan hari jadinya yang ke 60 tahun. Perayaan ulang tahun ke 60 ini bertajuk The Rock Turns Diamond! (TRTD). “Petra, Sang Batu Karang, mencapai ulang tahun berliannya. Oleh penyertaan Tuhan, UK Petra juga terus berupaya menghadirkan angkatan-angkatan baru yang bersinar dan tangguh seperti berlian,” ungkap Dwi Setiawan, Ph.D., selaku Ketua The Rock Turns Diamond.

Perayaan TRTD ini mengambil tema “Delightful Petra, Delighted World”. Tema ini bermakna ganda. Pertama, UK Petra yang menyenangkan dan penuh sukacita menjadikan dunia berbahagia.  Tagline ini juga berisi harapan universitas yang dipenuhi dengan nilai LIGHT (Love, Integrity, Growth, Humility, and Truth) ini dapat menyemai nilai-nilai tersebut di dalam masyarakat melalui pengajaran, penelitian, dan pengabdiannya.

Berbagai persiapan dan kegiatan digelar dalam rangka menyambut 60 tahun UK Petra. Salah satunya adalah lomba logo 60 tahun UK Petra. Pemenang dari lomba desain logo ini adalah Tabitha Emilianikova Winarto yang berhasil menyisihkan lebih dari 250 peserta lainnya. Mahasiswi Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) 2018 UK Petra ini tidak menyangka bahwa karyanya terpilih menjadi yang terbaik.

Awalnya, Tabitha mendapatkan informasi lomba dari email, tertarik untuk berpartisipasi namun masih ragu karena kepadatan kuliahnya. Ia mengaku mendapatkan inspirasi dari visual UK Petra sendiri dan ingin menekankan nilai LIGHT pada desainnya. “Saat pertama kali melihat tema lomba, saya menduga pasti banyak yang akan menggunakan diamond, oleh sebab itu saya berusaha untuk membuatnya berbeda dengan tetap mengusung unsur temanya,” ungkap alumni SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo ini.

Hasil desain logo tersebut telah mendapat penyempurnaan dari tim media Panitia TRTD. Angka enam dan warna biru melambangkan UK Petra yang terdiri dari mahasiswa/alumni, dosen, tenaga kependidikan, Yayasan, gereja pendukung, dan Kristus. Angka nol dan warna kuning tua masing-masing mewakili bola dunia dan sukacita. Tiga berlian di angka nol menunjuk pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tridharma ini diharapkan tidak hanya dalam tataran wacana saja tetapi dilakukan melalui aksi nyata, seperti yang tersirat melalui gambar tangan. Secara keseluruhan, logo ini juga dapat dibaca “Go, UK Petra”. Di bawah logo tertulis tema perayaan yaitu “Delightful Petra, Delighted World”. (rut/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.