Berita

Faq Dokumen Digital

Blog Single

1. Bagaimana keabsahan ijazah dan  dokumen kelulusan elektronik/digital dari segi hukum?

a. Ijazah dan dokumen kelulusan elektronik adalah Sertifikat Elektronik yang resmi karena diberikan dan diaudit oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik berdasarkan Pasal 1 angka 9 dan angka 10 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

b. Dalam penerbitan ijazah dan dokumen kelulusan elektronik, UK Petra bekerja sama dengan  Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik yang telah mendapat pengakuan/tersertifikasi Kementerian KOMINFO.

c. Penerbitan ijazah dan dokumen kelulusan elektronik didasarkan pada Peraturan Rektor UK Petra Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penerbitan Ijazah dan Dokumen Kelulusan secara Elektronik.

 

2. Bagaimana  mekanisme ijazah dan dokumen kelulusan dapat diterima oleh yang berhak?

a. Ijazah dan dokumen kelulusan elektronik akan dikirim melalui email petra ke setiap lulusan dalam bentuk file PDF.

b. Setelah mahasiswa menerima file dari UK.Petra, dimohon mahasiswa dapat menyimpan paling tidak dalam 3 tempat yang berbeda.

 

3. Jelaskan mengenai  Ijazah dan dokumen kelulusan elektronik  seperti apa?

a. Ijazah dan dokumen kelulusan bentuknya adalah file pdf yg dapat diverifikasi kebenarannya melalui web https://verification.peruri.co.id/ .

b. Ijazah dan  dokumen kelulusan dalam bentuk hardcopy dapat dideteksi kepemiikannya. dengan cara menscan  peruri tera (stemple) menggunakan Peruri Code Scanner yang dapat di download melalui Play Store maupun App Store.

 

4. Sejak kapan dokumen kelulusan  elektronik mulai diberlakukan?

a. Dokumen kelulusan elektronik  diberlakukan mulai lulusan Genap 2019/2020.

b. Sebagai transisi, lulusan akan tetap mendapatkan dokumen cetak yang merupakan SALINAN dari dokumen kelulusan yang ASLI.

 

5.  Apa saja yang dimaksud dengan Ijazah dan dokumen kelulusan?

a. Ijazah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

b. Transkrip dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

c. SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

 

6. Apa keuntungan menggunakan ijazah digital?

a. Keaslian Ijazah dan dokumen kelulusan dapat dideteksi dengan mudah dengan mengupload file pdf ASLI seperti pada poin 3.a.

b. Mahasiswa tidak perlu melegalisir karena cetakan Ijazah dan dokumen kelulusan elektronik sudah dapat dicek kepemilikannya melalui point 3.b., namun apabila membutuhkan legalisir maka tetap akan kita layani dengan menghubungi Biro Administrasi Akademik.

c. Penyimpanan dan tracking Arsip file lebih mudah dan aman.

d. Memiliki tingkat keamanan tinggi terhadap pemalsuan.

e. Keabsahan dapat diperiksa secara langsung oleh pihak yang berkepentingan

f. Mendukung era digitalisasi

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.