Berita

Edukasi Masyarakat Jadi Smart Voter dan Bebas Hoax

Blog Single

Universitas Kristen Petra (UK Petra) patut berbangga, tiga mahasiswa Ilmu Komunikasi berhasil meraih Juara III dalam Komunikasi Fiesta 2019, kategori Public Relations Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya pada 4-6 April 2019. Mereka adalah Liem Michael Stefan Setianto, Jessica Idelia Soekardjo, dan Jessica Michelle Hartono.

Pada babak penyisihan, peserta diminta berperan sebagai public relations Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat esai pemecahan masalah yang berkaitan dengan isu kabar bohong (hoaks), ujaran kebencian, dan kampanye jahat menjelang pesta demokrasi 2019. Peserta dapat memilih salah satu dari tiga topik tersebut. Ketiga mahasiswa ini memilih isu hoaks. “Isu hoaks di Indonesia cukup serius, masyarakat Indonesia menduduki peringkat tujuh yang paling mudah terpapar hoaks,” terang Jessica Idelia Soekardjo.

Hoaks yang diangkat adalah pemberitaan mengenai KPU telah mendata orang gila untuk masuk kedalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu serentak 2019. “Banyaknya isu hoaks dapat mempengaruhi persepsi pembaca dimana berpotensi mempengaruhi para pemilih dalam Pemilu. Maka dari itu kami sebagai Public Relations KPU  merancang beberapa strategi untuk memerangi hoaks dan menciptakan smart voters menjelang Pemilu 2019,” Ujar Jessica Michelle Hartono.

Strategi yang mereka paparkan adalah memberikan edukasi mengenai hoaks terhadap masyarakat baik generasi milenial dan generasi X yang terbagi ke dalam empat taktik yaitu re-branding dan promosi akun KPU, kampanye oleh Influencer di media sosial, mengadakan kompetisi untuk generasi milenial di media sosial, serta kerjasama dengan sinetron “Dunia Terbalik” untuk mengedukasi tentang hoaks.

10 kelompok terbaik melaju ke babak final, dalam waktu kurang dari sehari, peserta diminta melengkapi esai masing-masing dan mempresentasikannya di hadapan juri. “Kami presentasi dua kali, presentasi pertama kami memaparkan tentang isu yang dipilih dan strategi, sementara presentasi kedua kami menambahkan tujuan, Analisis SWOT, dan juga key message,” ujar Michael. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.