Berita

Dukung Kepatuhan Pajak, Tax Accounting Uk Petra Gelar Pendampingan Pengisian Spt

Blog Single

Demi mendukung pemerintah dalam mencapai target penerimaan pajak, Program Tax Accounting Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar kegiatan pendampingan pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT). Kegiatan ini diselenggarakan pada 3-4 Maret 2021 secara daring. Pendampingan pengisian SPT ini merupakan kegiatan yang rutin digelar sejak tahun 2011, bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur (Jatim) 1. “Salah satu cara untuk mengukur tingkat pelaporan sebagai wujud kepatuhan pajak diukur dari seberapa banyak SPT yang disampaikan. Maka dari itu, kami mengencourage warga negara untuk melaporkan harta dan kewajibannya dalam bentuk SPT,” ujar Retaningtyas Widuri, S. Sos., MM., BKP., CMA., selaku penanggung jawab kegiatan.

Direktorat Jenderal Pajak memiliki program kerja bernama Relawan Pajak, relawan pajak berasal dari kampus-kampus, terutama yang memiliki tax center, untuk membantu mensukseskan pelaporan pajak. Sebanyak 16 orang relawan pajak, yang merupakan mahasiswa Tax Accounting UK Petra semester enam dan delapan, mendampingi para wajib pajak untuk mengisi SPT di UK Petra, sedangkan 40 relawan pajak lainnya membantu para wajib pajak bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wonocolo. Bersama dengan dosen dan tiga orang petugas dari KPP Wonocolo, para relawan pajak membantu sekitar 36 karyawan UK Petra untuk melaporkan SPT dalam ruangan-ruangan virtual di Zoom Meeting.

Kegiatan pendampingan ini tentunya juga merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk belajar dan praktik. Sianne Ivana Gunawan, koordinator relawan pajak di UK Petra mengaku melalui kegiatan ini, ia lebih memahami pelaporan SPT setelah melakukan praktik secara nyata. Tahun ini, merupakan pertama kalinya pendampingan SPT secara daring. “Selama kegiatan pendampingan, kendala yang saya alami yaitu belum terbiasa dengan pengisian online dan pengisian e-form untuk SPT 1770 cukup rumit. Namun saya merasa sangat bersyukur karena pada saat itu ada dosen-dosen yang membantu, sehingga saya juga menjadi lebih tahu tentang apa yang perlu saya lakukan saat membimbing wajib pajak lainnya,” ungkap mahasiswi semester enam ini. (rut/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.