Berita

Desain Interior Uk Petra Gandeng Sunway University Malaysia Gelar Index 2020

Blog Single

Program Studi Desain Interior Universitas Kristen Petra (UK Petra) bekerja sama dengan Departemen Arsitektur-Interior Sunway University Malaysia, menggelar kegiatan joint-exhibition bertajuk Interior Design Final Project Exhibition (INDEX) 2020. INDEX 2020 mengusung tema "New Dimension" dan dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10-14 Agustus 2020.

“Mahasiswa desain interior harus diberikan persiapan yang cukup sebelum meninggalkan kehidupan universitas dan bergerak maju menuju “dimensi baru”, yaitu dunia profesional. Fenomena yang terjadi saat ini menuntut desainer interior memiliki sikap dan pola pikir baru yang diperlukan untuk membangun inisiatif, berpikir kreatif, dan secara aktif menemukan peluang dinamis baru di dunia profesional,” ungkap  Graciela, Ketua Panitia INDEX 2020.  

Acara dibuka secara online melalui youtube, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M.Eng., Rektor UK Petra dan Prof. Donald William Bowyer, Dekan Departement of Art & Design Sunway University Malaysia menyampaikan sambutan dalam pembukaan INDEX 2020. ”Pandemi Covid-19 ini menimbulkan banyak sekali tantangan, namun INDEX 2020 membuktikan dapat mengubah tantangan menjadi kesempatan. Saya berharap, acara ini dapat sukses dan menjadi kesempatan untuk dapat belajar banyak,” ujar Prof. Djwantoro. 

Dalam INDEX 2020, terdapat berbagai acara diantaranya adalah Pameran Online Tugas Akhir Prodi Desain Interior UK Petra dan Departemen Desain Arsitektur Interior Sunway University Malaysia, Penghargaan Super Juri untuk proyek terbaik, Seminar Online, serta Awarding Night. 

Sebanyak 82 karya dipamerkan dalam joint-exhibition ini, 64 karya dari UK Petra dan 18 karya dari Sunway University. Terdapat empat kategori dalam pameran yaitu 39 karya kategori spatial desain UK Petra, 9 karya kategori produk desain UK Petra, 16 kategori penelitian desain UK Petra. Sedangkan dari Sunway Malaysia mengikuti kategori spasial dan penelitian sejumlah 18 karya. Sebelumnya, dilakukan  penjurian internal untuk memilih 10 besar dari masing-masing kategori, 10 terbaik inilah yang mempresentasikan karyanya dalam acara Penghargaan Super Juri untuk proyek terbaik.

Seminar online menghadirkan lima pembicara, yaitu Dr. Laila Haidar yang membahas mengenai “Social Design Implementation - from Rural to Urban”, Diana Thamrin membawakan materi tentang “Building Social Responsibility through Human Centered Design”, Amirul Idlan Bin Mukhtar membahas tentang “Interior Architecture - What’s good for tomorrow?”, Kezia Karin membagikan tentang “Building a Prospective Interior Design Career”, serta Jun Ong yang membawakan materi berjudul “The Art of Light”. (rut/Aj)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.