Berita

Bharatika Creative Design Festival Ke-5 Dilaksanakan Online

Blog Single

Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali menggelar Bharatika Creative Design Festival 2020. Kegiatan tahunan ini bertujuan memberikan kesempatan bagi insan muda kreatif untuk berani mengekspresikan kreativitas mereka melalui lomba-lomba dan acara-acara yang ada di Bharatika.

Tahun ini, tema yang dipilih yaitu “titiktemoe” dengan slogan “langkah awal menoejoe satoe” yang berarti pertemuan antar individu-individu yang memiliki karakteristik berbeda-beda, bersatu saling memadukan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang dapat membawa dampak positif bagi diri sendiri maupun bersama.  “Melalui tema tersebut, kali ini Bharatika menggunakan grafis bertema Surabaya 1930an, dimana pada masa itu seluruh masyarakat masih bersatu dan memiliki satu tujuan yang sama,” ungkap Gabriela Wijaya, Ketua Bharatika 2020.

Bharatika memiliki empat kategori lomba yaitu Kategori Tirta (Desain Komunikasi Visual), Kategori Agni (Desain Interior) , Kategori Bayu (Desain Produk), dan Kategori Buana (SMA). Lomba- lomba ini berskala Internasional dan diikuti oleh lebih dari 400 peserta dari universitas maupun SMA, 17 diantaranya merupakan peserta dari Universitas mancanegara, seperti University of Wisconsin, Vocational Training Council, The University of Melbourne, Kyoshin Language Academy, dan masih banyak lagi. Perlombaan dilaksanakan secara  online, sehingga semua pendaftaran dan submisi dilakukan melalui website Bharatika, pada 13 Februari-15 Maret 2020.

“Rencana awalnya, Bharatika akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 April 2020 di Tunjungan Plaza, namun karena adanya Pandemi COVID-19, maka acara dilaksanakan secara online. Dengan berat hati, kami harus menghapus beberapa acara kami, antara lain Creative Talk, Workshop, Creative Market, dan Live Music, sedangkan untuk acara Awarding Night, kami laksanakan secara online melalui Live di Youtube Bharatika Creative Design Festival pada 4 Mei 2020,” ujar Gabriela.

Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi antusias peserta. Hingga saat ini, live streaming Bharatika sendiri telah ditonton lebih dari 1.400 kali dan banyak sekali komentar positif yang dilontarkan pada acara Bharatika. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.