Berita

Angkatan Kedua Ipdm Uk Petra Lulus Di Korea Selatan, Dapatkan Kesempatan Berkarir Secara Global Dan Memiliki Jejaring Yang Luas

Blog Single

“It feels rewarding! dan saya merasa sangat bersyukur bisa memberikan sesuatu yang membuat mama saya bahagia.”, ungkap Venus Sabrina mahasiswi International Program in Digital Media (IPDM) UK Petra yang memperoleh gelar Outstanding Student Award di major Animation & VFX dari Dongseo University-Korea Selatan.

Kelulusan Sabrina tak sendiri, ia bersama dengan lima orang teman lainnya juga telah lulus dan wisuda di Dongseo University, Korea Selatan pada 24 Juni 2021 yang lalu. Keenam mahasiswa ini menjadi angkatan kedua yang lulus dari IPDM UK Petra pada tahun 2021 ini. Mereka adalah David Cahya Kusuma, Elisa Adriana, Emmanuella Angelia Helen, Nadya Anindita Wibisono, Serafina Adiwijaya, dan Venus Sabrina.

“Mereka berangkat ke Korea Selatan pada akhir tahun 2019 yang lalu. Para mahasiswa dapat menjalani pengalaman program internasional double degree setelah sebelumnya dua tahun kuliah di UK Petra. Mereka akan menjadi perancang digital yang mapan makanya mereka mendapatkan pembelajaran perpaduan antara Desain Komunikasi Visual dan Teknologi Informatika.”, urai Erandaru, S.T., M.Sc., selaku Ketua IPDM UK Petra.

Saat membuat Tugas Akhirnya, kebetulan Venus berkelompok bersama Nadya dan Helen. Mereka membuat film animasi pendek berdurasi enam menit berjudul “BERGFRUE” yang dikerjakan selama dua tahun berkuliah di Korea. “Film ini mengisahkan bahwa ketakutan yang dihadapi adalah kematian akan tetapi cinta bisa mengalahkan semua ketakutan.”, tambah Helen.

Lain halnya dengan Elisa dan David yang satu kelompok. Mereka membuat TA 3D Animation berjudul “NOT YET”. “Berdurasi enam menit, menceritakan mengenai kesulitan seorang anak laki-laki yang tertekan dengan ekspektasi orang tuanya dalam hal akademik yang tidak sesuai dengan passion dalam dirinya.”, tambah Elisa.  

Mereka semua sepakat saat dihubungi melalui Whatsapp (01/7) mengatakan bahwa suasana belajar di Korea sangat nyaman dan kondusif. Meskipun masa pandemi COVID-19, para dosen dan mahasiswa lainnya sangat suportif satu sama lain. “Suasana belajar di Korea sangat nyaman dan mengikuti prosedur kesehatan COVID-19. Fasilitas untuk belajar lengkap dan dapat diakses sampai malam. Dosen sangat membimbing dan membantu mahasiswanya.”, tambah Nadya.

Sedangkan Sera bersama mahasiswa double degree lainnya membuat karya animasi 3D berjudul “HERO”. TA ini berkisah mengenai seorang anak yang menjadi korban bullying di lingkungan sekolah akan tetapi bisa diatasinya.

Kelulusan keenam mahasiswa IPDM ini menambah daftar wisudawan UK Petra yang rencananya wisuda pada September 2021. Mereka berenam akan mendapatkan dua gelar yaitu Sarjana Desain (S.Ds.) dari UK Petra dan Bachelor of Science (B.Sc.) dari Dongseo University, Korea Selatan. Itu artinya IPDM UK Petra membuat mahasiswa mengenyam pendidikan di Korea Selatan dengan intuition fee lebih ringan dibanding mendaftar secara mandiri. Sehingga mahasiswa mendapatkan kesempatan berkarir secara global dan memiliki jejaring yang luas. 

Venus sempat membagikan tipsnya bagi mahasiswa yang ingin merasakan pengalaman internasional yang sangat berharga dan berguna. “Beranilah keluar dari zona nyaman. Perjalanan mungkin akan sangat menantang tapi hasilnya manis. Jangan lupa urus dokumen dengan seksama dan carilah informasi sebanyak mungkin tentang negara yang akan dituju.”, tutup Venus yang memiliki IPS dari DSU sebesar 4.10/4.50 (Aj/Padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.