Berita

Akuarium Isi Sampah Plastik Untuk Media Kampanye Meluak Plastik

Blog Single

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali mencetak prestasi, kali ini di ajang nasional yang diselenggarakan Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama Ajisaka. Salah satu prestasi yang diraih adalah juara III kategori Unconventional Media oleh Hartono Tanugraha dan Danny Hartanto Kristiawan, mahasiswa DKV angkatan 2017. Ajang yang diselenggarakan mulai 14 September hingga 23 November 2019 ini mengambil tema ‘Abhipraya Darani: Meluak Plastik’.

Hartono, alumni SMA Kristen Cita Hati menjelaskan, unconventional media merupakan ajang membuat kampanye dengan media yang tidak biasa digunakan. Ada dua tahap yang harus dilalui Hartono dan Danny, yaitu pengumpulan karya dan babak final. Pada pengumpulan karya, Hartono dan Danny membuat rancangan instalasi akuarium yang berisi sampah-sampah plastik untuk mengkomunikasikan dampaknya pada lautan kepada generasi Z. Karya bernama ‘Plastikuarium’ tersebut mengantarkan tim ini menuju babak final, dimana pesertanya membuat unconventional media yang mengkampanyekan Semen Gresik yang ramah lingkungan dan karya anak bangsa.

Pada babak final, Hartono dan Danny merancang video iklan yang melibatkan audiensnya. Iklan yang disusun adalah mempertemukan audiens dengan keluarga mereka, kemudian mengajak audiens dan keluarga reboisasi taman kota dengan pot-pot dari Semen Gresik. “Selama proses tersebut, kami merekam kejadiannya dan menyusunnya hingga menjadi iklan bertema Semen Gresik yang ramah lingkungan sehingga masa depan anak cucu kita terjaga.”, ujar Danny, alumni SMA Kristen Petra II. (stf/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.