Berita

42 Negara Hadiri Webinar Sastra Inggris Uk Petra

Blog Single

Penguasaan berbahasa Inggris yang baik dan benar kini menjadi kebutuhan utama di era Revolusi Industri 4.0 serta Society 5.0 seperti saat ini. Akan tetapi banyak orang masih salah kaprah dalam mempelajarinya. “Top 15 Strategies of Highly Successful Learner of English”, itulah kegiatan webinar internasional yang diusung oleh Program Studi Sastra Inggris (Sasing) UK Petra dalam menjawab kebutuhan mahir belajar Bahasa inggris.

Kegiatan digelar Sabtu, 15 Agustus 2020 mulai pukul 09.00-11.00 WIB melalui zoom dan live streaming Facebook English Department di https://www.facebook.com/english.pcu. Menghadirkan tiga pembicara dari tiga negara, webinar ini sanggup memikat peserta hingga 42 negara.

“Peserta yang mendaftar mencapai 823 orang. Diantaranya dari Indonesia, Filipina, Myanmar, Vietnam, Thailand, Korea Selatan, Macau, Nepal, Bangladesh, Kamboja, Singapura, Malaysia, Kanada, India, US, Jepang, Australia, Taiwan Pakistan, Irak, UK, Qatar, Tunisia, Algeria, Ekuador, Yordania, Saudi Arabia, Bolivia, Romania, Turki, Bulgaria, Moroko, Georgia, Ukraina, Algeria, Hong Kong, Kyrgyzstan, Peru, Republik Chechnya, Azerbaijan, Guatemala, Sri Lanka.”, urai Henny Putri Saking Wijaya, S.S., MA-ELT., selaku PIC acara webinar ini.

Pembicara dari tiga negara yang berbeda ini akan memaparkan 15 tips cara belajar Bahasa Inggris secara efektif dan efisien. Mereka adalah Herwindy Maria Tedjaatmadja, MA-ELT (dosen Prodi Sastra Inggris, UK Petra, Indonesia), Bo-young Lee, Ph.D. (MISOA Corp. CEO, Korea Selatan) dan Vu Thi Thanh Nha, Ph.D. (Vietnam National University, Vietnam). Acara ini juga akan dimoderatori oleh Dr. Willy Renandya (NIE, Nanyang Technological University, Singapura).

“Sebenarnya ide awalnya kegiatan ini dirancang hanya untuk mahasiswa baru Sasing saja dalam proses belajarnya. Namun setelah kami mendapatkan pembicara dari Korea Selatan dan Vietnam akhirnya kami membuka pendaftaran secara umum. Ternyata sambutan masyarakat luar biasa”, urai Henny.

Dihubungi terpisah melalui Whatsapp salah satu pembicara, Herwindy Maria Tedjaatmadja, MA-ELT dari UK Petra membagikan strateginya. “Saya membagi strateginya agar mudah diingat dengan mengambil depannya sesuai nama saya yaitu WINDY. What’s your motivation, Immerse yourself in English, Nurture your goals, Do it right dan Yes to Consistency.”, ujar Windy yang juga Ketua Prodi Sastra Inggris UK Petra.

Lebih rinci Windy menjelaskan salah satu tipsnya, Immerse yourself in English, dapat dilakukan dengan berbagai cara yang menarik dan menyenangkan agar kita juga tidak merasa terpaksa mempelajarinya. Windy bercerita, “misalnya saja mulailah banyak membaca buku atau mendengarkan bahasa Inggris baik melalui buku, film bahkan games sekalipun. Yang jelas harus menyenangkan. Ini biasa disebut extensive listening & reading”. (Aj/padi)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.