Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Mengatasi Ketakutan atas Kegagalan

June 24, 2019

Upaya meraih sukses memerlukan kerja keras dan ketekunan. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pengembangan Diri Universitas Kristen Petra (UK Petra) dalam salah satu upaya memberi semangat pada para mahasiswa,  menyelenggarakan seminar dengan judul “The Only Limit is Yourself” pada 10 Mei 2019 bertempat di ruang teater Q

Seminar ini menghadirkan narasumber Kapten Vincent Raditya, seorang entrepreneur, youtuber, pilot penerbang, serta motivator.

Vincent Raditya membuka sesi seminar dengan menceritakan bahwa kesuksesan yang didapatnya saat ini bermula dengan awal yang kurang ideal. Ia menuturkan bahwa ia adalah seorang siswa yang nakal saat SMA dan terlalu sering bermain game komputer tentang simulasi penerbangan. Selepas SMA ia kuliah di bidang sound engineering dan musik yang tidak sesuai dengan keinginannya semula. Vincent pernah memulai wirausaha perdagangan mobil, akan tetapi pada tahun 2008 usaha tersebut tutup.

Setelah awal yang kurang ideal tersebut, keadaan mulai berubah ketika Vincent menemukan passion pada dunia penerbangan, dunia yang ia kenal melalui permainan video di masa kecilnya. Pada tahun 2009, melawan semua kehendak orang tua dan keluarganya, ia memutuskan untuk masuk sekolah pilot. Ia lulus dalam jangka waktu empat setengah bulan, dimana pada umumnya sekolah tersebut ditempuh dalam waktu satu setengah tahun. Mengenai pengalaman ini, Vincent berkata “Berbekal modal percaya pada diri sendiri, pasti ada jalan. walau orang lain berkata Anda tidak bisa, jangan biarkan orang lain memprogram dirimu”.

Selepas sekolah pilot di tahun 2010, Vincent meniti karier sebagai seorang pilot. Ia resmi menjadi Kapten Pilot yang bertugas di salah satu maskapai penerbangan pada tahun 2014. Bersamaan dengan bekerja di maskapai tersebut, ia merintis sekolah pilot miliknya sendiri. Pada tahun 2013, sekolah tersebut hanya memiliki 1 pesawat latih, dan pada tahun 2017 sekolah tesebut sudah memiliki armada 6 pesawat. Menutup sesinya, Vincent menyampaikan pesan bagi para orang muda, katanya “Possibility is endless, apa pun yang ingin kalian lakukan bisa diwujudkan. Jangan takut gagal, karena kita belum gagal sebelum kita berhenti”.(noel/dit)

 


Berita lainnya