Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Mahasiswa Desain Interior UK Petra Gandeng UMKM, Hasilkan 19 Brand Startup Baru

June 14, 2019

Sejumlah 131 mahasiswa Program Studi Desain Interior UK Petra menggelar pameran 19 Brand Startup Baru bertajuk Cre-Mart. Gelaran dihelat pada Jumat-Minggu, 24-26 Mei 2019 mulai pukul 10.00-21.00 WIB di Bazaar X project, Convention Hall Tunjungan Plaza 3. “Pameran ini merupakan project gabungan dua kelas mata kuliah Creativepreneurship dengan metode Service Learning. Mahasiswa diminta membantu UMKM di sekitar Surabaya untuk menghasilkan produk yang kreatif, inovatif dan berdaya jual tinggi.”, ungkap Dr. Yusita Kusumarini, S.Sn., M.Ds. dan Mariana Wibowo, S.Sn., M.MT., selaku dosen pengampu mata kuliah ini.

Secara berkelompok dengan 5 hingga 6 mahasiswa di dalamnya, para mahasiswa menghasilkan produk baru dengan tidak meninggalkan UMKM yang telah ada. Mereka menghasilkan 19 brand startup baru berupa aksesoris interior multifungsi dengan fashion, aksesoris interior, furniture dengan recycle material, kitchenware dengan kearifan lokal dan lighting design dengan menggunakan material pipa paralon.

Menurut Mariana Wibowo S.Sn., M.MT., “kalau kita hanya menjadi entrepreneur saja itu hanya akan memperkaya diri sendiri, sedangkan yang kita kerjakan ini baik mahasiswa maupun UMKM berpacu bersama-sama. Pengerjaan material SDMnya dari UMKM akan tetapi ide diambil dari para mahasiswa”.

Para mahasiswa inipun telah melakukan survey sebelumnya ke 19 UMKM yang ada agar hasilnya sesuai dengan kebutuhan UMKM tersebut. Hasil produk ini pun melalui proses seleksi terlebih dahulu, apakah layak jual atau tidak. “Untuk kedepannya saya berharap ini bisa berlanjut, tidak hanya untuk mata kuliah ini saja tapi bisa menjadi usaha mereka untuk kedepannya. Dirintis sejak sekarang. Setidaknya dari pengalaman yang didapat ini mahasiswa diharapkan bisa mandiri” pesan dari Mariana Wibowo S.Sn., M.MT. (mgn/Aj)


Berita lainnya