Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Gelar Bazaar, Mahasiswa Manajemen Pemasaran Praktekkan Teori Perkuliahan

June 12, 2019

Banyak orang belajar bisnis secara teoritis, namun tidak banyak orang yang sukses untuk melaksanakannya. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pengalaman praktis mengenai bisnis itu sendiri. Tidak banyak orang yang mengetahui apa yang dibutuhkan untuk membangun sebuah bisnis. Membangun bisnis, dibutuhkan banyak waktu, tenaga, uang, kegigihan dan keuletan.  Oleh karena itu, dalam rangka membekali mahasiswanya dengan real experience dalam berbisnis, Program Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya, lewat mata kuliah “Lokakarya”, menggelar sebuah bazaar yang berjudul “Maniac Market”. “Diberi nama Maniac Market agar pengunjung bisa ketagihan untuk datang terus ke Bazaar kami,” ujar Defira Amadea, Ketua Bazaar Maniac Market.

Bazaar yang bertema “Shape of Paradise” ini dibuka pada tanggal 20 hingga 26 Mei 2019 di Atrium Pakuwon Trade Center Surabaya lantai LG. Bazaar ini menyediakan berbagai tenant fashion, beauty dan aksesoris. Sejumlah total 24 tenant mengisi bazaar ini dan 13 tenant di antaranya merupakan milik mahasiswa Program Manajemen Pemasaran sendiri. Hal ini merupakan proyek akhir mereka di mata kuliah “Lokakarya”. Tenant yang digelar oleh 4-5 mahasiswa ini diwajibkan untuk menjual produk/jasa sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini guna memberikan mahasiswa pengalaman untuk berbisnis, mulai dari mencari pemasok, mencari pelanggan, mengatur strategi pemasaran, berlatih untuk melayani pelanggan, dan lain-lain.

Selain tenant, Bazaar ini juga mengadakan berbagai mini event yang sangat menarik. Mini events yang diadakan merupakan Hip-Hop Dance Battle, Lomba e-Sports Mobile Legends dan Player Unknown’s Battleground (PUBG), Make up Class dan Demo, FIFA Maniac Cup, Talkshow bersama John Robert Power, dan Eating Competition. Melalui mini events tersebut, mahasiswa Manajemen Pemasaran juga berlatih untuk menyelenggarakan sebuah event, yang juga dapat menjadi sebuah metode/strategi untuk pemasaran. “Lewat Bazaar ini, saya belajar banyak hal, seperti teknis usaha, marketing, dan belajar berhubungan dengan orang lain. Saya berharap mahasiswa Pemasaran dapat dan mau untuk melanjutkan usaha yang telah mereka jalankan sekarang,” tutup mahasiswi semester enam tersebut. (luk/padi)


Berita lainnya