Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Kerinduan Melayani Almamater

January 11, 2019

Keluarga Alumni Universitas Kristen Petra atau biasa disebut Kanitra, merupakan wadah bagi para alumni untuk menjalin relasi antar sesama alumni, maupun dengan universitas. Saat ini sebanyak 39.548 lulusan dari berbagai Program Studi secara otomatis menjadi anggota dari kanitra. Pada tahun 1996, menjadi awal inisiasi pembentukkan wadah bagi para alumni. Universitas melalui Ir. Frederik Jones Syaranamual, M.Eng., yang saat itu menjabat sebagai Wakil Rektor, menggandeng para alumni untuk membentuk wadah yang dapat memfasilitasi para alumni UK Petra.

Kongres pertama tahun 1997-2001 dilaksanakan pada tahun 1997, disusul  dengan reuni akbar pada yang dihadiri sekitar 1200 alumni di Shangri-la Surabaya. Dalam kongres pertama ini sekaligus pemilihan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kanitra pertama. DPP terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal, lima orang Ketua, Wakil Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum, dua orang Wakil Bendahara, dan 15 orang anggota bidang. Kanitra memiliki tiga bidang yaitu Bidang Komunikasi, Publikasi, dan Kerjasama, Bidang Aksi dan Partisipasi, serta Bidang Pengembangan Dunia Usaha dan Kesejahteraan Anggota.

Kongres dilaksanakan rutin setiap empat tahun. Pada 10 November 2018, Kanitra mengadakan Kongres ke-VI untuk memilih dan menetapkan DPP Kanitra yang menjabat periode 2017-2021. Melalui Kongres ke-VI ini menetapkan Ir. Hendra Prasetya sebagai Ketua Umum beserta jajarannya.

Secara garis besar, program kerja Kanitra dibagi menjadi tiga masa waktu, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, beberapa agenda yang ingin dicapai misalnya mensosialisasikan Kanitra pada mahasiswa baru, wisudawan baru, dan para alumni, membuat buletin Kanitra, mengadakan seminar dan talkshow dengan mengundang alumni sebagai pembicara, serta mengembangkan usaha seperti penjualan cindera mata.

Untuk jangka menengah, Kanitra ingin meluncurkan kartu anggota, melakukan update data alumni, membuat aplikasi untuk mempermudah alumni dalam mengakses program-program Kanitra, serta mengusahakan Kanitra memiliki badan hukum. Program kerja jangka panjang Kanitra yaitu bersinergi dengan Yayasan Pendidikan Tinggi Kristen (YPTK) Petra dan juga universitas, serta mengadakan reuni akbar Kanitra. “Saya berharap kanitra dapat menjadi perhimpunan dan organisasi yang dapat bersinergi serta berdampak. Selain itu kami dapat merangkul para alumni untuk bersama-sama menjadi satu komponen dan kekuatan yang menopang bukan hanya alumni tetapi juga UK Petra,” ujar Dra. Irawati Sandjaja, M.Th. selaku Ketua I Kanitra.

Kanitra juga memiliki 15 komisariat sebagai perpanjangan tangan kanitra di tingkat program studi. 15 komisariat ini telah memiliki SK untuk melaksanakan tugas masing-masing. “Kami tergerak untuk memberikan waktu kami, menjadi DPP Kanitra, karena kami ingin melakukan sesuatu bagi almamater kami. Telah sekian lama Kanitra berdiri, biarlah Kanitra menyelesaikan apa yang telah Kanitra mulai,” ujar alumni Sastra Inggris UK Petra tahun 1972 ini. (rut/Aj)


Berita lainnya