Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

UK Petra Berbagi Mengenai Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

July 06, 2018

Sejumlah 26 orang dosen dari kampus Institut Teknologi Del dengan semangat dan antusias mengikuti Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang dibawakan oleh Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya. SPME selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 28-30 Juni 2018 tersebut digelar di Kampus Institut Teknologi Del, Kabupaten Toba Samosir. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya dalam memberi kami persiapan untuk melakukan akreditasi dan reakreditasi dari tiga Program Studi yang kami miliki”, ungkap Dr. Arlinta C. Barus, S.T., M.INFOTECH selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IT Del.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Program ini diterima UK Petra bersama 28 perguruan tinggi terpilih lainnya pada bulan April 2018 yang lalu. Lokakarya ini mendatangkan dua pembicara yaitu Drs. Heri Saptono W, M.Si., seorang dosen Program Studi Teknik Elektro UK Petra, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Akreditasi UK Petra. Sedangkan pembicara kedua adalah Ir. Hanny Hosiana Tumbelaka,M.Sc., Ph.D., seorang dosen Program Studi Teknik Elektro UK Petra dan asesor BAN PT berpengalaman.

Kedua pembicara ini menitikberatkan penyampaian materi SPME dan akreditasi mulai dari siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan Standar), hingga bagaimana membuat laporan. Para pembicara ini selain mengajak diskusi para peserta berdasarkan studi kasus yang terjadi juga mengajak para peserta untuk menyiapkan kebutuhan akreditasi dengan maksimal agar hasil yang diperoleh pun juga maksimal. “Aktivitas persiapan akreditasi ini tidak bisa dilakukan hanya dalam enam bulan sebelum masa akreditasi habis akan tetapi harus dimulai sejak lama paling tidak empat tahun sebelumnya. Sebab persiapannya sangat banyak mulai dari survey, monitoring dan lain-lain.”, urai Drs. Heri Saptono W, M.Si.

UK Petra sendiri pada tahun 2018 ini mengasuh tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Kristen Wira Wacana, Sumba Timur-NTT, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, Jombang-Jatim, dan Institut Teknologi Del, Toba Samosir-Sumatera Utara. Ada banyak kegiatan yang dilakukan untuk Program PT Asuh ini di antaranya Koordinasi Kegiatan Program PT Asuh, Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), Lokakarya Audit Mutu Internal (AMI), dan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

“Sesuai instruksi Kemenristekdikti, UK Petra harus melakukan sharing best practice sekaligus membangun budaya mutu. Maka dari itu UK Petra tak hanya fokus pada perbaikan program studi PT Asuhan yang mendapat akreditasi nilai C saja akan tetapi pembenahan manajemen mutunya meliputi komitmen terhadap mutu, pengembangan sistem penjaminan mutu hingga penyediaan auditor mutu internal.”, tutup Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UK Petra, Dr. Dra. Gan Shu San, M.Sc. (Aj/padi)


Berita lainnya