Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Juara 2 Accounting Fair 2k18

June 12, 2018

Masa perkuliahan merupakan kesempatan bagi seorang mahasiswa akuntansi untuk memperkaya pengetahuan dan keahlian di bidangnya yang spesifik. Ikut serta dalam ajang kompetisi yang spesifik akuntansi adalah kesempatan baik untuk berlatih dan mendapatkan pengalaman tersebut. Dosen pengajar di Program Akuntansi Pajak UK Petra mendorong mahasiswa-mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti kegiatan kompetisi yang ada. Menurut Tonny Stephanus Eoh, SE., MA., Ak., “Potensi pada mahasiswa dapat dilihat selain dari prestasi akademik adalah dari sikap mau belajar dan terbuka pada kompetisi”. Ajang kompetisi yang terdekat adalah Olimpiade Akuntansi dalam gelaran Accounting Fair 2k18 Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN Veteran) Jawa Timur. Aturan khusus di ajang ini adalah peserta merupakan mahasiswa jurusan akuntansi dan maksimal semester 4. Graciella Tanaya, Jessica Theresia, dan Brigita Evelyn adalah tiga mahasiswa berpotensi serta memenuhi syarat tersebut dan mewakili jurusan di kompetisi tersebut. Tonny menambahkan bahwa kompetisi yang diikuti mahasiswa di dua tahun pertama ini bisa menjadi tolok ukur untuk membina mahasiswa di kompetisi-kompetisi yang lebih lanjut.

Sebelum mengikuti kompetisi tersebut, para mahasiswa ini mempersiapkan diri dengan mempelajari materi akuntansi yang seharusnya dipelajari oleh mahasiswa tingkatan lebih tinggi. Lomba dimulai tanggal 2 Mei 2018 dan berakhir pada tanggal 4 Mei 2018 dan diikuti puluhan kelompok dari 8 Universitas di Surabaya. Di hari pertama para peserta mengerjakan soal pilihan ganda dan esai dalam waktu 90 menit. Soal-soal di babak ini dikerjakan bersama-sama dalam 1 tim. Dari babak penyisihan ini didapatkan 10 tim yang lolos ke babak semifinal esok harinya. Pada babak semifinal pengetahuan dan penguasaan materi masing-masing anggota tim diuji dengan soal estafet yang dikerjakan individual secara bergiliran. 4 Tim terbaik disaring untuk mengikuti babak final di hari terakhir kompetisi.

Babak final Olimpiade Akuntansi Accounting Fair 2k18 dilaksanakan dalam bentuk debat isu-isu akuntansi. Debat dilakukan 2 kali, pertama untuk menyisihkan 2 kelompok yang lolos ke debat grand final. Keempat tim peserta diundi untuk mengambil peran sebagai Tim Pemerintah serta Tim Oposisi. Debat keempat tim ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari akademisi akuntansi dengan anggota: Rika Puspita Sari, SE., MA., Dekan FE Universitas Dr. Soetomo; Prinintha Nanda Soemarsono, SE., MA., Dekan Vokasi Unair; dan Rida Perwita Sari, SE., M.Aks., Ak. CA, Dosen UPN “Veteran” Jawa Timur. Penilaian yang dipakai adalah parameter penilaian yang akrab dipakai di lomba debat, yaitu: masalah, cara, dan metode (matter, manner, and method). Tim UK Petra mencapai grand final dan keluar sebagai juara 2. Hasil yang cukup menggembirakan dengan melihat bahwa cukup lama mahasiswa UK Petra vakum dari kegiatan kompetisi ini. Tonny melihat ini sebagai permulaan dan melihat adanya potensi untuk dikembangkan, “Harapannya, gelar-gelar juara yang dulu sering diraih bisa dipertahankan di masa depan” katanya. (noel/padi)


Berita lainnya