Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Alumni Memberikan Dampak yang Berkesinambungan

April 25, 2018

Masa kuliah adalah tahun-tahun yang membentuk perjalanan hidup seseorang. Dalam masa itu terbentuk ikatan tersendiri antara mahasiswa dengan kampus, dosen dan sesama mahasiswa. Bagi para alumnus Fakultas Ekonomi (FE) UK Petra angkatan 1990, pengalaman selama berkuliah begitu berdampak dan membangun. Begitu berdampaknya, sehingga setelah 20 tahun menyelesaikan perkuliahan, para alumnus ini berkumpul lagi dan menyelenggarakan kegiatan Reuni Fakultas Ekonomi Angkatan 1990 pada hari Sabtu, tanggal 14 April 2018. Reuni dengan tema “Love, Share and Joy” ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkesinambungan bagi para alumni Fakultas Ekonomi angkatan tahun 1990, civitas academika dan masyarakat secara umum.

Rangkaian acara reuni ini dimulai dengan talkshow “Create Your Own Biz” di Ruang AVT. 502 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Sekitar 100 mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi UK Petra menghadiri talkshow ini. Beberapa alumnus angkatan 1990 berbagi pengalaman mereka dalam dunia profesional dan bisnis pada para mahasiswa. Mereka adalah: Teddy Prajitno, Regional Business Head Bank Nusa Parahiangan; Vincentia Julianti, Branch Manager Shinhan Bank; Budi Harijono, pendiri Sanggar Seni Budaya Jempol Laras; Wang Sutrisno, Direktur PT. Integra Indocabinet, Tbk.; dan Christian Kurniawan, pemilik Korman Indonesia. Para narasumber membagikan pengalaman motivasi pada para mahasiswa untuk mendorong mereka memiliki usaha sendiri. Bersamaan dengan berbagi pengalaman, dipaparkan juga langkah-langkah konkrit yang bisa diambil oleh para mahasiswa untuk memulai usaha sendiri. Diantaranya membuat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), mempersiapkan syarat-syarat untuk dokumen ekspor impor, dan berbagai tips yang relevan dalam dunia bisnis. Setelah sesi bincang usai, diadakan upacara pemberian beasiswa berupa bantuan Uang Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (USPP) kepada 6 mahasiswa dengan kriteria tertentu. Adapun kriterianya adalah dari lingkup program studi manajemen, memiliki motivasi untuk menyelesaikan kuliah, memiliki kebutuhan untuk beasiswa, dan tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain. Menutup acara siang hari ini, Christian Kurniawan mempresentasikan PT. Korman Indonesia, dan mengundang para mahasiswa FE untuk magang di perusahaannya di Indonesia dan juga di luar negeri. Christian berkata, “Kami membuka kesempatan bagi mahasiswa (UK Petra) untuk magang. Hal ini adalah kesempatan berkembang bagi mahasiswa dan juga kami”.

Di sore harinya, kegiatan pertemuan dan perjamuan “Love, Share, and Joy” dilaksanakan. Angkatan 1990 tercatat terdiri dari 152 orang, dan beberapa diantaranya berkomitmen untuk menjalin relasi dengan kampus. Dalam acara jamuan dan hiburan ini ada satu agenda utama, yaitu penandatanganan memo kesepahaman antara universitas dan empat perusahaan tentang kesediaan perusahaan-perusahaan tersebut menerima mahasiswa magang dengan lokasi magang di dalam dan luar negeri. Drs. Bambang Haryadi, M.M., Ketua Program Studi Manajemen menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian dan sumbangsih  anak-anak didiknya dari angkatan 1990 ini, “saya berharap bahwa alumni angkatan 1990 menginspirasi alumni-alumni angkatan lain untuk bisa reuni dan berbagi dengan kampus dan mahasiswa“. Satu keunikan terlihat dalam reuni ini, yaitu Ricky, S.E., MRE., Ed.D., yang juga seorang dekan Fakultas Ekonomi UK Petra saat ini merupakan mahasiswa anak didik salah satu alumni 1990. Ricky menyampaikan kesannya atas relasi yang dijalin para alumni ini, “relasi yang kuat dari alumni yang berempati adalah sangat penting untuk reputasi universitas” kata Ricky. (noel/Aj)


Berita lainnya