Connect with us
  • b
  • a
  • x
A CARING AND GLOBAL UNIVERSITY
WITH COMMITMENT TO CHRISTIAN VALUES

Salah satu Persona Kependidikan BAK UK Petra Sabet Juara 2 se-Jawa Timur

April 23, 2018

Sekali lagi Universitas Kristen Petra, Surabaya (UK Petra) berhasil mendapatkan prestasi yang gemilang. Meidiyanti Soengkono berhasil menyabet Juara 2 dalam ajang Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik dan Pengelola Keuangan Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VII tahun 2018.

Pemilihan Tenaga Administrasi Akademik dan Pengelola Keuangan Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah VII tahun 2018 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kopertis wilayah VII. Kompetisi ini merupakan upaya dari pemerintah untuk mendorong dan menstimulasi tenaga kependidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Timur. Pada Tahun ini, kompetisi diadakan di  Hotel Grand Whiz Trawas, Kota Mojokerto pada tanggal 6 – 8 Maret 2018 yang lalu. Disini, 26 peserta dari berbagai universitas swasta yang ada di Jawa Timur diadu untuk menunjukan inovasi yang berkaitan dengan administrasi dan pengelolaan keuangan pada institusi pendidikan.

Meidiyanti Soengkono atau biasa dipanggil Meidi merupakan seorang staff keuangan yang bekerja pada Biro Administrasi dan Keuangan (BAK) UK Petra. Ia merupakan persona kependidikan yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kompetisi Pemilihan Pengelola Keuangan Berprestasi mewakili UK Petra di Tingkat Jawa Timur. “Saya merasa agak terkejut ketika dipilih sebagai perwakilan oleh universitas, akan tetapi karena tugas tersebut telah diberikan, maka saya menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya,” pungkas Meidi ketika ditanya mengenai perasaannya ketika terpilih untuk mengikuti kompetisi.

Pada Pemilihan Pengelola Keuangan Berprestasi ini, Meidi maju dengan mengambil tema “Sistem Akuntasi Terintegrasi pada Institusi Pendidikan Dengan Mengoptimalkan Pengunaan Software Akun”. Tema ini diambil oleh Meidi atas dasar latar belakang pendidikannya pada bidang akuntansi. Lomba ini diadakan dalam dua tahap, yakni tahap penyisihan dan presentasi. Pada tahap penyisihan, peserta diminta untuk mengirimkan  proposal mengenai inovasi yang akan dilombakan kepada Kopertis Wilayah VII. Peserta yang berhasil lolos babak penyisihan kemudian akan menghadiri tahap presentasi di Trawas, Mojokerto. “Waktu itu kami para peserta diminta untuk melakukan presentasi, akan tetapi yang unik adalah kami diminta untuk saling mengajukan pertanyaan tentang inovasi peserta,” ungkap Meidi. Pada tahap presentasi peserta kemudian akan dinilai oleh tiga juri yang diutus oleh pihak Kopertis.

Di akhir kompetisi, Meidi berhasil menyabet Juara 2 se-Jawa Timur. Hal ini merupakan prestasi yang menurut Meidi cukup membanggakan karena dapat mengharumkan nama UK Petra di Jawa Timur. Berhasil merebut peringkat juara tidak membuat Meidi puas begitu saja, ia bahkan berharap untuk dapat diutus kembali dalam kompetisi ini di tingkat Nasional. Menurutnya, kompetisi ini mengajarkan banyak hal, salah satunya adalah melalui kompetisi ini, ia melihat begitu banyak karakter yang berbeda. Salah satu kutipan hidup yang dipegang oleh Meidi adalah “kesuksesan adalah proses yang berkelanjutan.” (vka/Aj)


Berita lainnya