Berita

Pembekalan Sistem Akuntansi Desa Untuk Guru-guru Smk Se-sidoarjo

Blog Single

Pemerintah telah mengalokasikan dana yang besar kepada masyarakat desa untuk pembangunannya dan berekspektasi akan pengelolaan keuangan yang transparan. Menyadari hal tersebut, prodi Akuntansi Pajak Universitas Kristen Petra (UK Petra) menyelenggarakan workshop Sistem Akuntansi Desa kepada guru-guru SMK se-Sidoarjo di Gedung T pada hari Sabtu, 19 Oktober 2019. Workshop ini adalah bentuk nyata pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi landasan Pengabdian Masyarakat. 

“Sebelumnya, kami sudah membekali siswa-siswi SMK jurusan Akuntansi Pemerintahan di Sidoarjo tentang sistem akuntansi secara manual. Kami menyadari peran guru-guru dalam membentuk kompetensinya supaya dapat diberdayakan saat terjun langsung nanti. Maka, kami menyelenggarakan workshop sistem akuntansi yang terkomputerisasi ini.”, jelas Dr. Yenni Mangoting, S.E., M.Si., Ak., kepala prodi.

Workshop yang diselenggarakan dibagi dalam tiga sesi. Pada sesi pertama, sebanyak 36 guru SMK diajak meninjau kembali dasar-dasar akuntansi. Sesi yang kedua, peserta dikenalkan dengan program komputer sistem akuntansi desa yang diciptakan oleh UK Petra sendiri untuk memudahkan pencatatan jurnal dan nama akun. Para peserta berkesempatan mencoba program tersebut dengan menyelesaikan studi kasus yang diberi pada sesi terakhir.

“Kami memperoleh banyak pengetahuan dari kegiatan ini. Semoga kami dapat menyampaikannya kepada siswa-siswi di masing-masing sekolah kami.”, ujar Sri Rahayu, salah satu peserta. (stf/padi).

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.