Berita

Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Terpilih Sebagai United Board Fellows

Blog Single

Universitas Kristen Petra (UK Petra) kembali mengirimkan perwakilannya dalam Program United Board (UB) Fellows. Pada periode 2019-2020 ini, Dr. Ricky, S.E., MR.E., Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomi UK Petra terpilih mewakili UK Petra dalam Asosiasi Pendidikan Tinggi Kristen di Asia ini. Program UB Fellows merupakan program jangka panjang selama setahun yang dirancang untuk menjawab kebutuhan pengembangan kepemimpinan untuk staf pengajar dan administrator menengah dari perguruan tinggi dan universitas Asia. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan para pemimpin yang dinamis agar dapat memajukan pendidikan di universitas masing-masing.

Tahun ini, sebanyak 17 fellows dari seluruh Asia terpilih untuk mengikuti program ini. Sebelum terpilih, calon fellows harus mengirimkan curriculum vitae (cv), esai dari pertanyaan yang diberikan, dan juga formulir aplikasi. Selanjutnya terdapat dua kali wawancara dengan pejabat UB. Ricky mengaku tertarik untuk mengikuti program ini karena studi doktoralnya berkaitan dengan educational leadership dan servant leadership. “Selain karena berkaitan dengan studi terakhir saya, saat ini saya berada di posisi dekan, tidak ada sekolah khusus untuk menjadi dekan, melalui program ini saya harap dapat belajar dari fellows lainnya,” ungkap dosen International Business Management UK Petra ini.

Program ini dibagi menjadi tiga kegiatan besar yang akan dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari tanggal 7 Juli 2019. Mulai dari pengisian materi selama tiga minggu di Harvard University, dilanjutkan dengan penempatan fellows di salah satu universitas rekanan UB selama 1 sampai 3 bulan. Fellows dapat memilih kampus yang dituju untuk mengamati, berdiskusi, serta belajar tentang kepemimpinan yang diterapkan. Mengakhiri rangkaian kegiatan UB Fellows, peserta akan mengikuti seminar dan mempresentasikan hasil yang diperoleh selama setahun mengikuti program ini.

Dosen yang mendapatkan gelar Doktornya di University of Birmingham ini menyatakan beberapa manfaat dari mengikuti program UB Fellows adalah mendapat insight dari orang lain dan dapat merefleksikan tentang hal-hal yang telah dijalankan, mengetahui perkembangan di dunia pendidikan, serta menambah kerja sama dan jejaring. “Saya berharap setelah mengikuti program ini, saya dapat melakukan perubahan yang berarti, ada sesuatu yang dapat saya kerjakan secara nyata, selain itu juga dapat menjadi pribadi yang resourcefull dan memiliki banyak ide dalam memimpin Fakultas Bisnis dan Ekonomi UK Petra,” tutup Ricky. (rut/dit)

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.