Berita

Arsitektur yang Berempati pada Manusia

Blog Single

Dalam rangka Dies Natalis ke-52, Program Studi (Prodi) Arsitektur UK Petra menggelar berbagai rangkaian kegiatan seperti seminar, talkshow, pameran, konferensi, hingga kompetisi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan mulai 22-27 April 2019, tema utama yang diangkat adalah Return To Zero. “Jika bicara tentang return to zero, tidak hanya bicara soal zero energy, namun juga arsitektur yang “berempati” pada manusia.,” ungkap Eunike Kristi Julistiono, S.T., M.Des.Sc., selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UK Petra.

Seorang arsitek seharusnya mendesain bangunan dengan fokus utama manusia yang akan tinggal pada gedung atau rumah tersebut. Melalui rangkaian acara ini, Prodi Arsitektur UK Petra ingin mengajak untuk berhenti dahulu sejenak dan mengevaluasi apakah perkembangan dan teknik-teknik arsitektur saat ini sudah ada pada jalur yang tepat.

Salah satu kegiatannya adalah Architecture X, sebuah talkshow yang membahas tentang arsitektur dengan bidang lainnya bersama dengan lima orang praktisi arsitektur yang handal dan kredibel. Diantaranya adalah Gayuh Budi Utomo dari Gursiji Studio, Defry Agatha dari Ordes Arsitektur, F. Raymond Halim dari ANTI- Architecture, Mansyur Hasan dari Sembilan Studio, serta Ardy Hartono Kurniawan dari Dua Studio. Talkshow ini menekankan bahwa ide dalam mengekspresikan arsitektur dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, termasuk bidang lainnya.  

Selain itu, Prodi Arsitektur juga menyelenggarakan International Conference on Empathic Architecture (ICEA). ICEA ketiga ini menghadirkan pembicara yang merupakan praktisi dan akademisi dari beberapa negara di Asia. Diantaranya Yori Antar dari Han Awal & Partners, Indonesia, Siritip Harntaweewongsa dari GreenDwell Thailand, Prof. Mohammad Hamdan Ahmad dari Universiti Teknologi Malaysia, Keat Ong dari Nota Design Group Singapore, serta Dr. Kuowei Eleazar Godfrey Chiu dari Tunghai University Taiwan. Kelima pembicara ini fokus pada pelestarian bangunan dan green building.

Selain dua kegiatan ini, masih banyak kegiatan menarik lainnya seperti Architecture Festival, Seminar Arsitektur Nasional, Architecture Roleplay, Urban Sketch Fair, Geest Van De Architectuur, Archiexpo, dan Culture Night. (rut/Aj)

 

Ikuti terus berita dan prestasi terkini dari Universitas Kristen Petra. Silahkan menghubungi kami melalui email info@petra.ac.id atau nomor HP 081234067323. Jangan lupa follow akun sosial media kami, Instagram @uk_petra dan  Facebook PCU Surabaya.