Alkitab adalah Firman Tuhan.
Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia (Yohanes 1:1,4). Fiman yang telah nyata dalam Kasih Yesus Kristus (Yohanes 1:14), memanggil kami*) menjadi pelaku-pelaku firman (Yakobus1:22) untuk secara imaniah dengan perbuatan-perbuatan nyata yang terarah (Yakobus 2:17,22) ikut mewujudkan kerajaanNya (Matius 28:19-20) di bumi Indonesia.

Oleh karena itu, dengan penuh kesadaran akan tugas dan tanggung jawab sebagai Warga Negara Indonesia Kristen yang menghayati Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (seribu sembilan ratus empat puluh lima), kami*) wajib ikut mengambil bagian dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa kami*) (Pasal 31 Undang-Undang Dasar 1945 (seribu sembilan ratus empat puluh lima)).

Dalam keyakinan iman yang tidak tergoyahkan, bahwa jalan, kebenaran dan hidup hanya melalui dan di dalam Tuhan Yesus Kristus (Yohanes 14:6), maka Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra yang setia kepada tujuannya dan merasa dipanggil (I Petrus 3:9) pada tanggal 7 (tujuh) Januari 1965 (seribu sembilan ratus enam puluh lima) telah mendirikan “YAYASAN PERGURUAN TINGGI KRISTEN PETRA” disingkat “Y.P.T.K. PETRA”.