• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

484 Siswa Mengikuti Industrial Competition 2014

Industrial Competition (IC) 2014 kembali diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Teknik Industri UK Petra Surabaya. Kali ini, tema yang diangkat adalah “Revolution 2014”, di mana para peserta akan diperkenalkan dengan Teknik Industri agar mereka bisa merevolusi industri Indonesia sehingga Indonesia menjadi negara yang maju. Sebanyak 484 siswa yang berasal dari sejumlah kota di Jawa Timur, di antaranya Surabaya, Malang, Kediri, Pamekasan, dan Madura ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini. Peserta dibagi menjadi 121 kelompok yang setiap kelompoknya masing-masing terdiri dari 4 peserta.

Kompetisi dibagi menjadi 3 babak. Babak pertama dilaksanakan pada hari Rabu (29/10), berupa rally games dengan berbagai macam games logika yang tersebar di 23 pos di UK Petra. Selanjutnya, 20 kelompok dengan skor tertinggi dapat maju ke babak 2 yang dilaksanakan pada hari Kamis (30/10) lalu. Babak kedua merupakan sistem simulasi industri, di mana para peserta harus menyusun strategi untuk merakit tulisan IC dengan bahan baku eva (bahan baku sandal, red.) yang sesuai dengan permintaan dan kemudian dijual. “Lomba ini tidak terlalu akademik karena yang ingin dilihat adalah bagaimana kemampuan mereka berpikir, kemampuan menganalisa masalah dan menyelesaikan masalah,” ujar Elisabeth Youvita, selaku ketu panitia IC.

Sementara, Jumat (31/10) merupakan babak terakhir. Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Para peserta diajak untuk study tour terlebih dahulu ke PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Surabaya. “Hal ini bertujuan agar para peserta tidak hanya tahu mengenai seputar industri saja, tetapi termasuk BUMN dan bagaimana kinerja BUMN. Selain itu juga untuk mengenalkan infrastruktur BUMN. Dengan demikian, wawasan mereka akan semakin bertambah,” tutur Indriati Njoto Bisono, M.Sc., selaku Kaprodi Teknik Industri.

Selanjutnya, mereka melakukan observasi, mengamati masalah yang ada, menganalisanya serta mencari solusi penyelesaian dari masalah tersebut dan mempresentasikannya di hadapan 3 juri dosen prodi Teknik Industri, yakni I Gede Agus Widyadana, S.T. M.Eng., Tanti Octavia, S.T., M.Eng., dan Dr. Drs. I Nyoman Sutapa, M.Sc., Nat.

Hingga akhirnya terpilihlah 3 analisa terbaik, yakni juara 1 dan 2 dimenangkan oleh peserta dari SMA St. Louis 1 Surabaya, sementara juara 3 diraih oleh peserta dari SMA Gloria Surabaya. “Tahun lalu kita sempat ikut kompetisi ini, tetapi tidak menang, jadi kita belajar dari pengalaman dan tahun ini we want revenge,” ujar Koichiro Hadiprajitno, salah satu peserta yang meraih juara I. “Banyak yang kita pelajari dari lomba ini, khususnya kekompakan dan juga wawasan global mengenai PT. Pelindo juga semakin bertambah banyak,” tambah temannya.

Harapan ke depannya, IC ini bisa semakin dikenal di kalangan anak SMA dan SMK, terus berkembang dan semakin kreatif serta membawa banyak anak SMA yang masuk ke Teknik Industri. “Kita harus menyiapkan tunas-tunas muda bangsa agar tahu apa yang terjadi di dunia perindustrian maupun dunia global lainnya supaya mereka dapat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN nantinya,” tutup Indriati Njoto Bisono, M.Sc. (ly/ed2/ed1)

Kunjungan ke PT PELINDO III Cabang Tanjung Perak di Terminal Nilam (babak 3)

Kunjungan ke PT PELINDO III Cabang Tanjung Perak di Terminal Nilam (babak 3)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life