• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Teknik Mesin dan Teknik Elektro Mengikuti Program Joint/Double Degree

Tahun ini, merupakan tahun yang penting bagi Program studi Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Keberhasilan UK Petra memenangkan hibah dari BFKSI (Bantuan Fasilitasi Kerjasama Internasional), merupakan awal dari peningkatan kurikulum kedua program studi tersebut. Melalui dana bantuan yang diperoleh dari BFKSI, UK Petra memberikan kesempatan bagi Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Mesin untuk mengikuti program Joint/Double/Degree. Kepala Program Studi Teknik Elektro, Ir. Murityanto Santoso, M.SC. mengatakan bahwa sebenarnya, dana dari hibah BFKSI ini hanya diperuntukkan bagi satu program studi saja. Namun, kedua program studi ini mencoba untuk menjalankan program Joint/Double Degree ini bersama.

Program ini didukung oleh BAKP, dengan pertama mengadakan Bimbingan Teknis Kerjasama Program Joint/Double Degree di UK Petra dengan narasumber Dr. R. Purwanto Subroto selaku Kepala Sub. Direktorat Kerjasama Antar DIKTI dan Prof. Ir. Noer Endah M.Sc. PhD, selaku Tim Evaluasi Kerjasama Perguruan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Bimbingan Teknis ini dihadiri oleh para jajaran pimpinan fakultas, program studi, dan program UKP.

Untuk mewujudkan kerja sama Joint/double degree ini, Kepala Program Studi Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Mesin, Ir. Murityanto Santoso, M.SC. dan Dr. Ekadewi Anggraini Handoyo, pada tanggal 11-18 Oktober bertolak ke beberapa universitas di China dan Taiwan. Dan Sekretaris Program Studi, Julius Sentosa Setiadji, S.T., M.T., bertolak ke Bali untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh DIKTI mengenai langkah-langkah dalam mengajukan Joint/double degree.

Pentingnya keberhasilan joint/double degree, maka kedua program di harus memperhatikan langkah-langkah pengajuan. Karena, setiap Universitas wajib untuk mendaftarkan joint/double degree di DIKTI agar ijazah mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di luar negeri mendapatkan pengakuan di Indonesia. Di sisi lain, universitas berharap dengan program joint/double degree ini terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru.

Selain itu, di dalam rencana strategis (renstra) UKP, joint degree adalah salah satu pencapaian yang harus terpenuhi. “Karena ketika kita sudah melakukan hal ini artinya ada Universitas di luar yang mengakui kurikulum kita sudah berstandar Internasional” jelas Ibu Meilinda, perwakilan dari Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan Institusional (BAKP). (gby/ed2/ed1)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life