• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Sentra HKI Tingkatkan Awareness terhadap HKI

 Banyaknya sivitas akademika yang masih kurang aware terhadap HKI menjadi latar belakang diadakannya seminar ini. Dengan demikian, melalui seminar ini kesadaran para dosen dan mahasiswa tentang hak kekayaan intelektual dapat meningkat. Acara berlangsung di RK I, Gedung Radius Prawiro Universitas Kristen Petra dengan peserta berjumlah 32 dosen dan mahasiswa yang berasal dari UK Petra serta beberapa Universitas di Jawa Timur.

“Biasanya setiap Universitas kaya akan inovasi, tetapi sering kali tidak mendapat perlindungan bahkan tidak melakukan komersialisasi, sehingga melalui seminar ini para peserta diberi pengetahuan bahwa tiap ide itu sangat berharga dan sebaiknya diberi perlindungan agar tidak diambil oleh orang lain”, jelas Nugraha Pratama Adhi, S.T., M.H.P. Selaku Kepala Bidang kegiatan Ilmiah dan konsultan HKI. Penjelasan mengenai HKI, lingkup HKI, dan cara perlindungan terhadap HKI menjadi ulasan penting seminar kali ini.

HKI merupakan hak yang timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia dalam bentuk suatu kreativitas intelektual yang mempunyai nilai ekonomis. HKI dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Hak Cipta (Copyright) dan hak kekayaan industri (Industrial property rights) yang mencakup paten (Patent), desain industri (industrial design), merek (trademark), penanggulangan praktek persaingan curang (repression of unfair competition), desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit), serta rahasia dagang (trade secret).

“Tujuan dari HKI tidak hanya sekedar mendapat uang, tetapi juga untuk protecting people, sehingga jika ada yang berani memalsukan atau meniru maka akan langsung berhadapan dengan hukum,” ujar Felix PAsila, S.T., MSc., Ph.D. selaku ketua Sentra HKI di UK Petra. Negara memberikan hak eksklusif kepada individu pelaku HKI (inventor, pencipta, pendesain, dan sebagainya) merupakan penghargaan atas hasil karyanya dan agar orang lain termotivasi untuk mengembangkan lebih lanjut.

Harapannya, dosen dan mahasiswa semakin aware akan HKI dan karya-karya yang didaftarkan semakin meningkat sehingga mempengaruhi peringkat akreditasi UK. Petra. (ly)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life