• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

UK Petra Sosialisasikan SNI Konstruksi Baja Ringan

Selasa (23/09), UK Petra pertama kalinya menjadi tuan rumah Seminar Perencanaan dan Konstruksi Baja Ringan (Cold Formed Steel Section) sesuai SNI 7971-2013 di Indonesia. Acara yang berlangsung di Ruang Audio Visual 502 Gedung T ini bertujuan untuk memperkenalkan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang baru dalam konstruksi material baja ringan.

Adapun pembicara yang diundang, yaitu Prof. Emad Gad dari Swinburne University of Technology, Australia, selaku Chair of the Department of Civil and Construction Engineering; Gideon H. Kusuma, M. I. E. Aus, C.Peng, MAEES, M. HEDRA; Tim Penyusun SNI; serta Hasan Santoso, S.T., M.EngSc., selaku dosen program studi Teknik Sipil UK Petra. One Day Seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI), PT. Jaindo Metal Industries, dan UK Petra ini dihadiri oleh 147 peserta yang terdiri dari rekanan PT. Jaindo Metal Industries, praktisi umum, aplikator atap baja ringan, kontraktor umum, konsultan, dan mahasiswa dari UK Petra maupun dari luar UK Petra.

Peraturan baru ini ternyata telah dirancang selama 3 (tiga) tahun lamanya yang kemudian oleh Puskim (Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman) disosialisasikan dengan PT. Ciptakarya. Selanjutnya, peraturan tersebut diberikan pada Badan Sertifikasi Nasional yang akhirnya disetujui untuk dipakai sebagai mandat baja ringan Indonesia dengan memberikan nomor SNI Indonesia. “Peraturan yang terbit pada akhir tahun lalu ini akan menjadi guidance bagi semua pihak yang terlibat dalam pembuatan konstruksi, sehingga secara konstruksi dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkap Ir. Hary S. Listijo, selaku General Marketing Manager PT. Jaindo Metal Industries.

Acara ini dirasa sangat berguna bagi mahasiswa karena mereka akan diberi suatu paradigma yang baru bahwa ada alternatif lain dalam konstruksi bangunan, khususnya dalam membangun rumah sesuai standar yang berlaku. “Harapannya, industri konstruksi baja ringan bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya dan tidak ada lagi masalah,” ujar Pamuda Pudjisuryadi, S.T.,M. Eng., selaku ketua panitia acara. “Sosialisasi peraturan baru ini juga diharapkan bisa menjadi semakin gencar supaya semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan konstruksi di Indonesia sadar mana yang benar dan mana yang salah sehingga dapat melayani masyarakat dengan lebih baik,” tambahnya. (lily/ed1)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life