• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Program Studi Arsitektur Gelar Konferensi Taraf Internasional

Universitas Kristen Petra (11/09).Program Studi Arsitektur semakin matang di usia 47 tahun. UK Petra terus menembus program Internasionalisasi dengan menggelar “International Conference on Empathic Architecture” oleh Program Studi Arsitektur.

Rangkaian acara ini dimulai sejak 6 Februari 2014. Diawali oleh acara Ucapan Syukur Dies Natalis ke-47 Program Studi Arsitektur, Lomba Desain Mahasiswa Archfest (Architecture Festival) Tingkat Nasional, Architecture Week, Lomba Desain ScrARCH-Book untuk siswa SMA Tingkat Nasional, dan Studi Ekskursi.

Rangkaian lanjutan adalah International Conference on Emphatic Architecture (ICEA) 2014 bertempat di ruang konferensi IV gedung Radius Prawiro. Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk mengangkat aspek empati dalam dunia Arsitektur skala Internasional. Konferensi ini dihadiri oleh keynote speakers bertaraf internasional yaitu Prof. George Kunihiro, FAIA (Kokushikan University-Japan), Ng Seksan (Landscape Architect Malaysia), Assoc Prof. Dr. Johannes Widodo (National University of Singapore), Prof.Riset.Dr.Ir. Suprapto,M.Sc. (Puslitbangkim Bandung).

ICEA 2014, 26 paper telah dipresentasikan oleh 26 pemakalah dari berbagai negara diantaranya Indian Institute of Technology Kharagpur India, University of Science Malaysia, Switowins Inc. Knowledge Management and Communication Department Philippines, University of South Wales Sydney Australia, Pelita Harapan University, Tarumanegara University, Duta Wacana Christian University, Unissula University, Gadjah Mada University, Sooegijapranata Chatolic University, Institute of Technology Bandung, University of Brawijaya, State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang dan Petra Christian University. Sebagai pelengkap, para peserta seminar disediakan wadah untuk menimba pengalaman, yakni field trip atau kunjungan lapangan pada tanggal 12 September 2014. Kegiatan field trip diadakan di kawasan seputar Surabaya. Objek-objek kunjugan field trip disesuaikan dengan topik Arsitektur Berempati yang diangkat dalam seminar. Lokasi yang ditawarkan adalah Kampung Nelayan, Rumah Abu Han, Masjid Ampel, dan Kampung Gundih.

“ICEA ini merupakan salah satu wujud penerapan misi Program Studi Arsitektur yang ingin mendidik mahasiswa menjadi sarjana Arsitektur yang berempati pada kebutuhan masyarakat luas. Konferensi ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para peserta yang merupakan praktisi dan akademisi maupun pemakalah. Selain itu, kami sebagai penyelenggara mendapatkan gambaran lengkap dari berbagai opini untuk memperkaya kurikulum yang ada,” papar Dr (cand), Rony Gunawan Sunaryo S.T., M.T., IAI selaku Ketua Panitia. “Seorang arsitek tidak hanya bertanggungjawab atas desain bangunan dan teknik membangun lainnya, tetapi juga bertanggungjawab atas kebutuhan masyarakat terkait bangunan yang didesain dengan melibatkan masyarakat dalam proses desain tersebut,” tutupnya. (el/fsc)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life