• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Seminar Nasional dan Call for Paper Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin UK Petra kembali menyelenggarakan Seminar Nasional yang kesembilan kalinya. Seminar ini diadakan pada tanggal 14 Agustus 2014 di Ruang Koneferensi dengan menghadirkan dua Keynote Speakers yaitu Prof. Djoko Suharto dari Institut Teknologi Bandung dan Drs. Kresnayana Yahya, MSc dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Selain itu, diadakan juga Call for Paper yaitu adanya presentasi hasil penelitian dari 53 peserta yang terseleksi.

Kedua narasumber menceritakan pengalaman di bidang akademik dan non akademik mengenai penelitian dan inovasi seputaran teknik mesin. “Kami berharap dengan adanya seminar ini kita semakin siap menghadapi ASEAN Free Trade Area 2015 serta giat melakukan penelitian dan publikasi untuk menunjang pendidikan,” tutur Willyanto Anggono selaku Koordinator Seminar Nasional ini.

Dalam menyambut AFTA 2015 diperlukan berbagai inovasi and penelitian berkualitas untuk mendukung dan mendorong Indonesia bersaing secara global. “Industri Indonesia perlu didorong memasuki revolusi industry ketiga dengan power of connectivity, power of mind and energy farming, dan mass entrepreneurship”, jelas Drs. Kresnayana Yahya, Msc. Dalam hal ini lembaga pendidikan dituntut untuk mengerjakan perannya memberikan kontribusi. “Kita perlu mengerjakan peran secara spesifik baik sebagai designer, scientist atau gabungan keduanya sehingga inovasi yang dihasilkan dapat direalisasikan lalu membagikan pengalaman tersebut,” ungkap Prof. Djoko Suharto. 53 pemakalah yang hadir ini adalah peserta yang lolos selesai reviewer dari total 73 peserta yang mengirimkan makalah hasil penelitian yang diadjukan.

Para pemakalah yang notabene peneliti ini berasal dari berbagai universitas di Indonesia antara lain Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Politeknik Negeri Bengkalis, Universitas Indonesia, UnPas Bandung, Malang State Polytechnic, Politeknik Manufactur Bandung, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Sakti Surabaya, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhd. Sidoarjo, UNS Surakarta, Universitas Trunojoyo Madura, ITN Malang, Universitas HKBP Nommensen dan Universitas Muhamadyah Sidoarjo. (el/ed)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life