• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

COP UK Petra 2014

Berinteraksi dengan mahasiswa asing sekaligus melayani orang lain, itulah yang coba diterapkan dalam International Service Learning yang diadakan oleh Universitas Kristen Petra. Ialah Community Outreach Program atau disebut dengan COP untuk pertama kalinya hadir di Mojokerto setelah sebelumnya kurang lebih selama 10 tahun membantu masyarakat Kediri. Sebanyak 154 orang peserta baik mahasiswa Indonesia mupun mahasiswa asing selama 3 minggu live in dengan masyarakat mulai 3 hingga 25 Juli 2014 di wilayah Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Program ini berhasil memikat 50 orang mahasiswa Indonesia dan 104 mahasiswa asing yang tegabung dalam 12 Perguruan Tinggi dari 7 negara. Adapun para peserta COP 2014 di Mojokerto terdiri dari 42 orang mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya, 5 orang mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira-Kupang, 3 orang mahasiswa Universitas Ciputra-Surabaya, 27 orang mahasiswa Dong Seo University-Korea Selatan, 28 orang mahasiswa International Christian University-Jepang, 15 orang mahasiswa Hong Kong Baptist University-Hong Kong, 22 orang mahasiswa Inholand University-Belanda, 1 orang mahasiswa St. Andrew University-Jepang, 2 orang mahasiswa Fu Jen University-Taiwan, 2 orang mahasiswa Lignan University-Hongkong, 4 orang mahasiswa Chinese University of Hongkong-Hongkong, 1 orang mahasiswa Guangxi Normal University-China dan 1 orang mahasiswa Guangxi University of Science and Technoogy-China.

Tema COP 2014 adalah “better education, better life”, Herry Christian Palit secara personal menjelaskan makna dibalik tema tersebut. “Sesuai dengan tema kita kali ini, seluruh mahasiswa diajak untuk perpartisipasi untuk mengajarkan pendidikan formal dan non formal kepada penduduk di sana Mahasiswa juga diajak melakukan kegiatan fisik seperti bekerja dengan warga untuk mengatasi masalah sanitasi. Disamping itu aka nada kegiatan non fisik seperti mengajar anak-anak usia TK hingga SMP.”

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UK Petra ini berharap bahwa setiap peserta COP akan memperoleh pengalaman belajar terkait pemahaman antar budaya atau multicultural understanding. Herry juga menekankan manfaat lain dari keterlibatan peserta dalam COP, “Saya juga berharap bahwa mereka bisa semakin peka terhadap sesame dan melalui kegiatan ini dapat memperdalam aplikasi ilmu mereka.” (el/ed1)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life