• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Surabaya Public Service Award 2014

SURABAYA PUBLIC SERVICE AWARD 2014 :Peranan Masyarakat Mempengaruhi Tingkat Pelayanan Public

Public service atau yang biasa kita kenal sebagai pelayanan public merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara atas barang, jasa, atau pelayanan administrative yang disediakan oleh penyelenggara public. Layanan Publik yang prima merupakan sebuah bentuk cerminan keberhasilan manajemen pemerintahan. Sebagai tolok ukur ini, UK Petra melalui Prodi Manajemen Pemasaran telah menyelanggarakan Surabaya Public Service Award (SPSA) 2014, berikut ini ulasannya :

Masih dalam suasana ulang tahun Surabaya yang ke-721, serta memperingati hari Public Service sedunia (UN Public Service Day) yang ke-12, jatuh pada 23 Juni 2014 lalu, maka sebagai bentuk sumbangsih pada kota Surabaya tercinta, Manajemen Pemasaran UK. Petra bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI), mengadakan Corporate Social Responsibilty (CSR) berupa Surabaya Public Service 2014 dengan tema “Pembangunan Layanan Public Service Melalui Peningkatan Partisipasi Masyarakat”. Kegiatan rutin diadakan sejak tahun 2008 ini, berlangsung pada 18 Juni 2014, bertempat di Boncafe Steak & Ice Cream, Jl. Pregolan No. 2, Surabaya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Surabaya Public Service 2014 tidak lagi memberikan awards kepada beberapa instansi yang terlibat namun lebih kepada pemaparan hasil survey. Dalam kegiatan ini, dilakukan pemaparan terhadap hasil penelitian tentang survey kepada 2.000 warga Surabaya mengenai kepuasan layanan jasa, terutama layananan public yang berada di wilayah Surabaya dan sekitarnya. “Tahun sebelumnya, Surabaya Public Service 2014 menggunakan lima dimensi klasik, kini menggunakan dimensi yang lebih modern berdasarkan hasil riset Ipsos MORI. Dimensi tersebut adalah Staff Attitude, Proffesionalism, Accessibility, Delivery, Information, dan Timeliness. Keenam dimensi itu digunakan karena sudah terjamin komparasi kualitas layanan antar public,” ujar Yohanes Sondang Kunto, M.Sc selaku Research Manager SPSA 2014.

Riset tersebut telah dilakukan selama satu bulan pada bulan November 2013 kepada 15 layanan publik, yang terdiri dari PMI Cabang Surabaya, PT. Angkasa Pura I, PT. Pos Indonesia, Dinas Kebakaran Surabaya, Kantor Imigrasi kelas 1 Surabaya, dan masih banyak lagi. Adapun tim pelaksana yang melakukan kegiatan tersebut, berasal dari mahasiswa Program Manajemen UK Petra di bawah pengawasanProf. Dr. Hatane Samuel, M.S. sebagai Research Director dan Yohanes Sondang Kunto, M.Sc. sebagai Research Manager.

Tentunya dalam melaksanakan riset ini UK Petra, terutama Program Studi Manajemen Pemasaran memliki harapan yang ingin dicapai. “Kita berharap dari hasil riset yang telah dilakukan ini, ada peningkatan kualitas terhadap pelayanan public yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Sehingga hasil riset kami ini tidak sia-sia, dan dapat memperoleh timbal balik dan ada respon dari pemerintah maupun masyarakat Surabaya itu sendiri,” ungkap Ibu Liem Pei Fun, S.E., M. Com selaku Dekan Fakultas Ekonomi UK Petra. Selain itu, beliau juga berharap supaya kedepannya UK Petra dan Ombudsman bisa kerja sama untuk meningkatkan kualitas pelayanan public bukan hanya yang ada di Surabaya saja, tapi juga di seluruh Indonesia. (Yoan/Gaby/YDS)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life