• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Civil National Expo 2014: Mahasiswa Teknik Sipil UK Petra Pertahankan Prestasi Beton

Sabtu (10/05) lalu, program studi Teknik Sipil UK Petra kembali meraih juara 1 Civil National Expo 2014 dalam Lomba Beton Nasional “High Strength Fiber Reinforced Concrete” dengan tema “Construction Challenging for a Better Future” . Lomba yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Tarumanegara (IMASTA) ini diikuti oleh 12 Perguruan Tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Kristen Petra (UK Petra), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Riau (UNRI), Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STTG), Politeknik Negeri Bali (PNB), Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Universitas Kristen Indonesia (UKI), dan Universitas Tarumanegara Jakarta (Untar).

Pada saat babak penyisihan, setiap tim diminta untuk membuat beton berbentuk silinder berdiameter 10 cm dan tinggi 20 cm sebanyak 3 (tiga) buah serta balok berukuran 15 cm x 15 cm dengan panjang 60 cm sebanyak 2 (dua) buah. Adapun kriteria yang harus dipenuhi, yaitu kuat tekan lebih dari 50 mpa, kuat lentur tidak kurang dari 5 mpa, serta makalah mengenai beton yang mereka buat.

UHPFRC (Ultra High Performance Fiber Reinforced Concrete) karya Olivia Christie, Jeffry Liongtono W. dan Agustinus Andy N., di bawah dosen pembimbing Antoni, S.T., M.Eng., Ph.D, berhasil masuk 5 (lima) besar (3 tim dari Untar, 1 dari ITB, dan 1 dari UK Petra). Komposisi beton yang terdiri dari campuran semen, fly ash, kalsium karbonat, silica fume, steel fiber, pasir silika, pasir lumajang, dan superplasticizer ini mendapat nilai tertinggi dengan kekuatan tekan sebesar 73 mpa dan kekuatan lentur sebesar 12,085 mpa. “Kami tidak menyangka akan keluar sebagai pemenang karena saingannya cukup berat, terutama tim dari tuan rumahnya sendiri,” ujar Andy. Ketiga mahasiswa ini mengaku sempat gugup saat menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh 4 (empat) juri, 3 diantaranya merupakan dosen Untar dan 1 perwakilan PT. Indocement Tunggal Prakarsa. “Trial di lab, cari referensi jurnal dan rumus-rumus, memberikan yang terbaik serta berdoa pada Tuhan menjadi strategi kami dalam mempersiapkan lomba ini,” tutur Jeffry.

Harapan ke depannya, generasi selanjutnya dapat terus membawa nama UK Petra dan mempertahankan juara yang telah diraih hingga saat ini. ”Piala jangan sampai lepas tahun depan, terus pertahankan dan jangan lupa untuk tetap mengandalkan Tuhan. Always do the best and let God do the rest,” pesan ketiga mahasiswa angkatan 2010 menutup perbincangan.

(ly)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life