• – A Caring and Global University With Commitment to Christian Values
  • |
  • INDENG

Petra Marketing Festival 2014 : Implementasikan Strategi Marketing, Gelar Stand Sirkus

Program Studi Manajemen Pemasaran UK Petra tahun ini kembali menggelar acara Petra Marketing Festival selama 2 (dua) pekan mulai tanggal 5 Mei hingga tanggal 18 Mei nanti di Ciputra World Surabaya. Tema yang diusung kali ini adalah ” A Wonderful of Circus World”, dimana seluruh mahasiswa semester 6, angkatan 2011 yang terbagi dalam 10 kelompok ini mencoba memadupadankan 10 konsep sirkus dalam setiap stand penjualan untuk menjadi sebuah arena sirkus yang kreatif dan menyenangkan.

Kesepuluh stand dengan 10 konsep yang berbeda ini menyajikan berbagai macam produk yang menarik untuk dibeli, diantaranya Polkarina menjual aksesoris wanita dengan konsep sirkus polka (gajah menari balet); Cirque de Youkepi menjual 3 makanan klasik (Sushi, Burger, Spagetthi) dari 3 negara (Jepang, Amerika, Perancis) dengan konsep sirkus klasik; Golden Emperor menjual dim sum dengan konsep sirkus Golden Dragon; Stardust menjual pakaian pria dan wanita dengan konsep fairytale; Polpero menjual tas, sepatu, dan dompet pria maupun wanita dengan konsep vintage; Monet menjual makanan manis (dessert) dengan konsep romance dan tanaman; Kooza menjual alat tulis (stationary) dengan konsep ceria; Infini Books menjual buku dengan konsep tahun 80-an; Pierrot menjual barang-barang interior dengan konsep monochrome pantomime; serta Amaluna menjual ceramic foodware dengan konsep sirkus alam.

“Sebagai prasyarat kelulusan mata kuliah lokakarya, sales and brand workshop, mahasiswa dituntut untuk mengimplementasikan lebih jauh mengenai hal-hal yang telah dipelajari selama 3 tahun perkuliahan secara praktek yang nantinya akan dinilai,” papar Lizamary Angelina, selaku ketua panitia acara. Penilaian dilakukan berdasarkan strategi pemasaran, kesesuaian konsep desain layout dengan stand, merchandise yang dijual, dan kemampuan mahasiswa untuk meningkatkan brand-awareness orang. “Untuk target penjualan, disesuaikan dengan pangsa pasar di Ciputra World, yaitu mostly konsumen berasal dari kalangan menengah ke atas,” tambahnya.

”Dengan diadakannya acara ini, diharapkan Prodi Manajemen Pemasaran UK Petra lebih dikenal masyarakat luas, dapat meningkatkan brand-awareness, mahasiswa dapat menjadi pengusaha yang care for others, cukup sensitif dengan keadaan masyarakat, meng-grab opportunity yang ada dan memiliki keunggulan yang kompetitif,” tutur Ritzky Karina M. R. Brahmana, SE., MA., selaku sekretaris Program Manajemen Pemasaran UK Petra. (ly/ed1)

Love – Integrity – Growth – Humility – Truth
Love is the Spirit of Caring  /  Integrity is Character in Action
Growth is the Fruit of Holistic Learning  /  Humility is the Beginning of Wisdom  /  Truth is the Basis of True Life